Analisis kepuasan mahasiswa program sarjana terhadap pelayanan direktorat administrasi dan jaminan mutu pendidikan institut pertanian bogor

Hudayati, Renni Zandi (2007) Analisis kepuasan mahasiswa program sarjana terhadap pelayanan direktorat administrasi dan jaminan mutu pendidikan institut pertanian bogor. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
E24-02-Hudayati-Abstract.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E24-03-Hudayati-Ringkasaneksekutif.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E24-04-Hudayati-Daftarisi.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E24-05-Hudayati-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview

Abstract

Pada awal Mie Sedaap diluncurkan, produk tersebut berhasil mengambil 12% pangsa pasar Indofood dalam jangka waktu yang belum genap setahun. Strategi awal Mie Sedaap salah satunya adalah berada di harga pasaran yang sangat ekonomis namun bumbu mi yang diberikan kelas premium. Untuk memperoleh hasil tersebut Wingsfood melakukan waktu lebih dari 2 tahun mulai dari melakukan riset hingga menemukan rasa formula yang pas dan berbeda dari yang pernah ada sebelumnya. Dengan mulai memasuki pasar kelas menengah bawah namun tetap menawarkan kualitas istimewa, diharapkan Mie Sedaap dapat dengan mudah memasuki pasar kelas menengah atas sehingga akhirnya nanti dapat menguasai seluruh pangsa pasar. Dengan masih besarnya peluang pasar mi instan, persaingan untuk merebut pasar pun semakin ketat. Di tengah persaingan antar-produsen yang semakin ketat saat ini tentu saja membuat produsen berharap untuk mendapatkan suatu keunggulan kompetitif. Salah satu pendekatan yang secara langsung dapat mempengaruhi sikap konsumen terhadap produk adalah melalui iklan. Iklan merupakan salah satu instrumen pemasaran modern yang aktivitasnya didasarkan pada konsep komunikasi. Karena merupakan bentuk komunikasi maka keberhasilannya dalam mendukung program pemasaran merupakan pencerminan dari keberhasilan komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) melakukan segmentasi konsumen Mie Sedaap berdasarkan aspek demografi dan psikografi; (2) menganalisis pengaruh iklan terhadap niat pembelian serta Mengevaluasi efektivitas iklan yang dilakukan oleh produsen; (3) merumuskan alternatif strategi periklanan Mie Sedaap berdasarkan riset konsumen dan evaluasi konsep iklan. Penelitian dilakukan melalui wawancara dan survey terhadap 100 reponden. Sampel penelitiannya adalah responden yang merupakan konsumen produk Mie Sedaap. Metode penarikan sampel yang akan dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan convenience sampling. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan beberapa alat analisis, yaitu: CHAID, Cross Tabulation, dan Consumer Decision Model. Hasil penelitian menunjukan bahwa segmen demografi responden terbagi kedalam 3 segmen yang dibedakan terhadap status pernikahan dan tingkat pengeluaran. Segmentasi psikografi dibagi kedalam 7 segmen. Segmentasi demografi untuk produk Mie Sedaap dominan mengarah kepada segmen 3 dimana untuk segmen ini kelompok konsumen hanya memiliki status pernikahan yang masih lajang. Dilihat dari karakteristik segmentasi psikografi yang paling dominan adalah segmen 1 (30%), dimana segmen ini memiliki karakter konsumen yang mengutamakan kualitas suatu produk serta cenderung memilih produk-produk yang memiliki label halal. Dari hasil Top of Mind Advertising, iklan Mie Sedaap berada ditingkat kedua setelah Indomie sedangkan untuk advertising recall terlihat bahwa Mie Sedaap berada pada urutan pertama. Hal ini membuktikan bahwa untuk membangun merek agar berada di urutan pertama memerlukan waktu yang lama agar merek dapat diingat oleh masyarakat luas. Tingginya tingkat persaingan mi instan, harus dapat membuat setiap perusahaan untuk tidak hanya mempengaruhi konsumen tetapi juga meyakinkan konsumen untuk tetap membeli produk yang ditawarkan. Sebagian besar responden menyatakan terpengaruh oleh iklan Mie Sedaap dan merasa yakin membeli Mie Sedaap setelah melihat iklannya. Hasil penelitian dengan menggunakan model CDM menunjukan bahwa keyakinan dan sikap konsumen dipengaruhi oleh pesan iklan, serta niat beli dipengaruhi secara langsung oleh pesan iklan, keyakinan dan sikap konsumen walaupun dengan tingkat korelasi antar variabel yang tidak terlalu kuat. Namun hal ini diperkuat dengan hasil survei sebelumnya, dimana sebagian besar responden merasa yakin untuk membeli produk Mie Sedaap setelah melihat iklan dan diperkuat juga dengan sejumlah responden yang menyatakan bahwa iklan mempengaruhi dalam memilih produk mi instan. Dari hasil analisis juga diketahui bahwa pengenalan merek tidak mempunyai pengaruh terhadap niat beli, namun hubungan antara pengenalan merek dengan niat beli dapat diperkuat melalui sikap konsumen. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat direkomendasikan beberapa strategi, antara lain promosi yang dilakukan dengan menggunakan media above the line. Media-media iklan yang kurang mendapat perhatian sebaiknya ditingkatkan sehingga bisa menjadi media iklan yang efektif. Strategi below the line yang dapat dilakukan adalah dengan sponsorship pada acara-acara yang melibatkan orang banyak. Memberikan hadiah melalui kuis seputar iklan yang telah ditayangkan, dengan hal tersebut maka dapat meningkatkan awareness terhadap iklan yang dilakukan. Dalam upaya meningkatkan pesan iklan, perlu dilakukan beberapa hal yaitu: memperbaharui tampilan produk dengan menggunakan daya tarik gambar-gambar makanan yang menggiurkan, memperbaharui kata-kata dalam iklan, hal ini dapat dilakukan dengan memberikan informasi melalui sentuhan humor, menekankan atribut-atribut produk seperti harga produk, label halal, dan kualitas produk serta membuat iklan yang mendatangkan kejutan untuk menimbulkan emosi konsumen dan meningkatkan motivasi penangkapan pesan iklan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas iklan, Mi instan, Produk Mie Sedaap, Consumer Decision Model, Advertising awareness, Segmentasi.
Subjects: Manajemen Sumber Daya Manusia
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 04 Aug 2016 01:48
Last Modified: 04 Aug 2016 01:48
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/2506

Actions (login required)

View Item View Item