Analisis strategi aliansi pt. pos indonesia (persero) dalam memenangkan persaingan di sektor bisnis pos

Purdhy, Firmanto (2006) Analisis strategi aliansi pt. pos indonesia (persero) dalam memenangkan persaingan di sektor bisnis pos. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
E22-02-Purdhy-Ringkasaneksekutif.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
E22-03-Purdhy-Abstract.pdf - Published Version

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E22-01-Purdhy-Cover.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
E22-04-Purdhy-Daftarisi.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
E22-05-Purdhy-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Lingkungan bisnis di sektor pos yang berubah dengan sangat cepat seperti tumbuhnya jasa kurir dan logistik serta maraknya teknologi informasi seluler, menjadi faktor pendesak yang mengancam bisnis pos di PT.Pos lndonesia (Persero) yang semakin banyak substitusinya. Di samping itu, adanya perubahan lingkungan secara global, seperti kecenderungan kemunduran industri Pos di berbagai negara, perlu disikapi dengan cerdas. Berdasarkan realita di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut : (1) Faktor-faktor eksternal dan internal apa yang mempengaruhi PT.Pos lndonesia (Persero) di tengah perubahan lingkungan global (2) Alternatif strategi apa saja yang dapat dilakukan oleh PT.Pos lndonesia (Persero) untuk menghadapi persaingan yang semakin kompetitif dalam bisnis pos (3) Bagaimana PT.Pos lndonesia (Persero) mengimplernentasikan strategi aliansi dalam memenangkan persaingan. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Mengidentifikasi faktor-faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi posisi bersaing Pada PT.Pos Indonesia (Persero) (2) Menganalisa alternatif strategi yang akan dilakukan PT.Pos lndonesia (Persero) dalam menghadapi persaingan yang semakin kompetitif dalam bisnis pos (3) Menganalisa implementasi strategi aliansi yang dilakukan PT.Pos lndonesia (Persero) dalam menghadapi persaingan di sektor bisnis Pos. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan studi kasus. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan a dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder yang dikategorikan menjadi data-data lingkungan internal dan eksternal. Data primer diperoleh dari pengamatan atau observasi iangsung di lapangan melalui wawancara kepada manajemen puncak Pos, praktisi dan pakar serta pengisian kuesioner oleh responden. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka dari berbagai sumber yang relevan dengan penelitian seperti internet, buku, majalah dan mass media lainnya. Untuk mencapai tujuan di atas, formulasi strategi yang digunakan adalah matriks EFE (External Factor Evaluation), matriks IFE (Internal Factor Evaluation) dan matriks SWOT. Hasil identifikasi terhadap lingkungan umum diperoleh faktor-faktor strategis yang menjadi peluang dan ancaman terhadap perusahaan dimaksud antara lain : Politik, ekonomi, sosial budaya, teknologi dan kompetitor. Berdasarkan analisis tersebut PT.Pos lndonesia (Persero) memiliki sepuluh isu strategis eksternal yang terdiri dari lima jenis peluang dengan total skor 1,55 dan lima jenis ancaman dengan total skor 1,40. Dengan memperhatikan skor peluang yang lebih besar dari pada skor ancaman, ha1 tersebut menunjukkan bahwa PT.Pos lndonesia (Persero) masih memiliki kesempatan yang besar untuk memenangkan persaingan di sektor bisnis pos. Di lain pihak proses identifikasi terhadap faktor-faktor kekuatan dan kelemahan dari dalam perusahaan antara lain sebagai berikut : lnfrastruktur jaringan, pasar, SDM, Keuangan dan produk. Berdasarkan analisis tersebut PT.Pos lndonesia (Persero) memiliki sepuluh isu strategis int'ernal yang terdiri dari lima jenis kekuatan dengan total skor 1,61 dan lima jenis kelemahan dengan total skor 1,37. Dengan memperhatikan skor kekuatan yang lebih besar dari pada skor kelemahan, hal tersebut menunjukkan bahwa PT.Pos lndonesia (Persero) masih memiliki kemampuan bersaing dan memenangkan persaingan. Hasil analisa selanjutnya yaitu penggabungan matriks IFE dan matrik EFE menghasilkan Matrik Internal-Eksternal. Pada matrik ini, posisi PT.Pos lndonesia (Persero) berada pada kuadran V (2.98 ; 2,96) yang berarti strategi yang sesuai untuk PT.Pos lndonesia (Persero) adalah pertumbuhan melalui integrasi horisontal, yaitu salah satu strategi pertumbuhan dengan cara memperluas kegiatan lini produk y-a ng tujuannya adalah untuk meningkatkan jenis produk dan jasa. Dengan demikian PT.Pos lndonesia (Persero) diharapkan dapat melakukan perluasan pasar. Berdasarkan analisis matrik SWOT, didapat alternatif strategi : (1) Strategi Ekspansi (2) Strategi Pemberdayaan (3) Strategi Positioning (4) Strategi Aliansi (5) Strategi Fokus Bisnis, dan dari hasil wawancara, hasil kuesioner serta penelitian di lapangan, dapat direkomendasikan strategi terpilih yaitu Strategi Aliansi yang dikembangkan ke dalarn beberapa Modul Operasional sebagai berikut : (1) Modul Pengembangan Jaringan yang dijalankan sampai dengan tahun 2007, dan (2) Modul Total Logistic Solution. Dari hasil analisa yang dilakukan terhadap bisnis aliansi antara PT.Pos lndonesia (Persero) dan PT.Bank Negara lndonesia (Persero) Tbk. dapat dikelompokkan ke dalam sel IV yaitu Pro-Kompetitif menurut Yoshino & Rangan (1985). Hal ini didasarkan bahwa antara PT.Pos dan BNI merniliki potensi konflik yang rendah, dikarenakan kedua perusahaan tersebut tidak berasal dari industri yang sama atau bukan kompetitor, serta derajat interaksi organisasi antara kedua perusahaan tersebut juga relatif rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategic Alliance, PT. Pos Indonesia, Horizontal Integration, Network Development Strategy, Logistic Focus Strategy. PT.Pos lndonesia (Persero), Strategi Aliansi, Prokompetitif, Total Logistic Solution, Matriks EFE, IFE, Matriks IE, Matriks SWOT.
Subjects: Manajemen Strategi
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 10 Aug 2016 06:21
Last Modified: 10 Aug 2016 06:21
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/2549

Actions (login required)

View Item View Item