Desain sistem pendukung keputusan penerimaan karyawan baru (studi kasus: pt. gmf aeroasia)

Pane, Akhmad Fauzi (2010) Desain sistem pendukung keputusan penerimaan karyawan baru (studi kasus: pt. gmf aeroasia). Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
PDF
E30-01-Akhmad-Cover.pdf - Published Version

Download (384kB)
[img]
Preview
PDF
E30-02-Akhmad-Abstract.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img]
Preview
PDF
E30-03-Akhmad-RingkasanEksekutif.pdf - Published Version

Download (331kB)
[img]
Preview
PDF
E30-04-Akhmad-DaftarIsi.pdf - Published Version

Download (337kB)
[img]
Preview
PDF
E30-05-Akhmad-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (668kB)
Official URL: http://elibrary.mb.ipb.ac.id

Abstract

Pada saat ini, teh merupakan komoditas yang utama untuk meningkatnya devisa negara dan Indonesia merupakan negara dengan penghasil teh terbesar urutan kelima. Menurut data dari Departemen Perindustrian (Direktorat Industri Minuman dan Tembakau) perkembangan konsumsi teh dalam negeri dari tahun 2005 sampai tahun 2008 menunjukkan peningkatan setiap tahunnya. Pada tahun 2005, konsumsi teh dalam negeri baru mencapai 56.729 ton, tetapi pada tahun 2008 telah mencapai 57.750 ton. PT GarudaFood yang mempunyai motto “Leading in Innovation”, menangkap peluang untuk memproduksi teh dalam kemasan tidak dalam bentuk botol, tetapi dalam bentuk cup. Hal ini didasari rendahnya biaya produksi untuk memproduksi teh dalam kemasan cup dibandingkan dengan kemasan botol. PT GarudaFood mengeluarkan produk andalan yaitu Mountea yang saat ini telah mendapatkan berbagai macam penghargaan seperti Indonesian Best Brand Award (IBBA) tiga tahun berturut-turut dari MARS dan Majalah SWA dan Top Brand Award dari Frontier Marketing Research dan Majalah Marketing. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi atribut-atribut produk yang menjadi pertimbangan konsumen dalam mengkonsumsi minuman teh dalam kemasan cup (2) Menganalisa persepsi dan sikap konsumen terhadap produk Mountea dibandingkan dengan kompetitor (3) Rekomendasi strategi marketing untuk PT GarudaFood dalam menghadapi persaingan kedepannya. Berdasarkan hasil analisis Cochran, menunjukkan bahwa terdapat dua belas atribut yang dianggap penting oleh responden. Adapun atribut-atribut tersebut yaitu (1) Harga, (2) Volume (isi), (3) Kemasan Produk Cup Kuat, (4) Aroma Teh, (5) Citarasa Teh Murni, (6) Variasi Rasa Teh, (7) Rasa Manis, (8) Tanggal Kadaluwarsa, (9) Label Halal, (10) Merek Terkenal, (11) Kemudahan Memperoleh, dan (12) Kebersihan Cup. Berdasarkan pemetaan persepsi diperoleh gambaran bahwa persepsi responden terhadap keunggulan yang dimiliki oleh produk merek Mountea dibandingkan dengan merek kompetitor lainnya terdapat pada atribut harga, volume (isi), kemasan cup kuat, rasa manis, label halal, merek produk, kemudahan memperoleh dan kebersihan cup. Berdasarkan analisis sikap multi atribut Fishbein menunjukkan bahwa nilai skor total merek Mountea sebesar 199.50, sedangkan untuk merek Teh Gelas dan Teakita masing-masing sebesar 197.50 dan 186.50. Semakin besar skor total menunjukkan merek Mountea lebih dapat memenuhi harapan dan kebutuhan responden. Berdasarkan analisis biplot menunjukkan bahwa peubah atribut rasa manis mempunyai korelasi yang besar dengan peubah atribut aroma teh, citarasa teh murni, kemasan produk cup kuat dan kemudahan memperoleh. Hal ini mengindikasikan bahwa dalam benak responden jika suatu merek produk teh dalam kemasan cup semakin banyak rasa manis maka akan cenderung mempunyai citarasa teh murni, kemasan produk cup kuat dan kemudahan memperoleh yang baik pula. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran untuk perusahaan yaitu (1) PT GarudaFood dapat menambah varian rasa baru untuk produk Mountea dengan memilih rasa leci (lychee flavor) (2) PT GarudaFood harus gencar mempromosikan program Mountea talker melalui website www.initehbeda.com untuk meningkatkan awareness produk Mountea dimata konsumen (3) PT GarudaFood dapat menambah volume (isi) untuk produk Mountea menjadi 235 ml dengan harga Rp. 1.500. Saran tersebut dapat meningkatkan penjualan produk dan menambah profit perusahaan (4) PT GarudaFood harus fokus pada ketersediaan produknya di tempat-tempat strategis yaitu di PKL atau pinggir jalan dimana konsumen lebih banyak membeli Mountea ketika dalam perjalanan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sikap, Atribut, Teh Dalam Kemasan Cup, Merek Mountea GarudaFood
Subjects: Manajemen Pemasaran
Depositing User: Library
Date Deposited: 12 Dec 2011 03:22
Last Modified: 10 Sep 2014 08:31
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/258

Actions (login required)

View Item View Item