Analisis persepsi dan sikap pembaca majalah islam al-mujtama di bogor

Khair, Yaumil Husna (2009) Analisis persepsi dan sikap pembaca majalah islam al-mujtama di bogor. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
PDF
R38-01-Yaumil-Cover.pdf - Published Version

Download (338kB)
[img]
Preview
PDF
R38-02-Yaumil-Abstrak.pdf - Published Version

Download (312kB)
[img]
Preview
PDF
R38-03-Yaumil-RingkasanEksekutif.pdf - Published Version

Download (318kB)
[img]
Preview
PDF
R38-04-Yaumil-DaftarIsi.pdf - Published Version

Download (336kB)
[img]
Preview
PDF
R38-05-Yaumil-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (664kB)
Official URL: http://elibrary.mb.ipb.ac.id

Abstract

Majalah merupakan suatu media masa cetak yang memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi. Jumlah penerbitan majalah di Indonesia terus mengalami penambahan dimana menurut data yang diperoleh dari Nielsen Media Research pertumbuhan majalah dari tahun 2005 sampai pada tahun 2008 adalah sebesar 16 persen. Adanya peningkatan jumlah penerbitan majalah mengakibatkan semakin tingginya tingkat persaingan antar perusahaan penerbit. Majalah yang terbit diklasifikasikan dalam beberapa segmen diantaranya adalah majalah Islam. Perkembangan majalah dengan konsep Islami menjadi fenomena menarik untuk dicermati, selain memberikan informasi majalah Islam juga merupakan media dakwah. Semakin tingginya tingkat persaingan yang terjadi pada majalah dimana salah satunya adalah majalah Islam membuat perusahaan penerbit harus mempunyai pengetahuan mengenai keinginan dari pembaca. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis persepsi dan sikap pembaca majalah Islam dengan studi kasus majalah Al-Mujtama yang diterbitkan oleh PT. Mujtama Media Nusantara. Penelitian ini dilakukan di Bogor, waktu penelitian dilaksanakan dari bulan Maret - April 2009. Penelitian ini menggunakan pendekatan riset deksriptif. Data dan informasi dikumpulkan melalui metode survei dengan menggunakan kuesioner. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, baik yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif. Pada penelitian ini sampel diambil dengan metode Snowball sebanyak 100 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah (1) Analisis deskriptif, untuk mengetahui secara umum karakteristik dari jawaban responden dengan cara mentabulasikan data yang diperoleh dan dilakukan perhitungan persentasenya. (2) Analisis Cochran, untuk mengetahui atribut majalah Islam yang menjadi pertimbangan responden dalam memutuskan majalah yang akan dibaca. (3) Analisis Fishbein, untuk mengetahui sikap responden terhadap majalah Al-Mujtama, Sabili dan Hidayatullah. (4) Analisis biplot, untuk mengetahui posisi relatif dari majalah Al-Mujtama, Sabili dan Hidayatullah yang sajikan dalam grafik dua dimensi. (5) Analisis Sensitivitas Harga (PSM), untuk mencari kisaran harga yang paling tepat bagi majalah Al-Mujtama berdasarkan persepsi pembaca. Hasil analisis deskriptif menunjukkan karakteristik responden secara keseluruhan adalah sebagian besar dari kalangan muda yang masih belum menikah dengan usia dibawah 30 tahun, memiliki latar belakang pendidikan SMU, Diploma dan S1, dan memiliki profesi sebagai pelajar/mahasiswa. Sedangkan untuk jenis kelamin antara perempuan dan laki-laki memiliki jumlah yang hampir sama. Atribut-atribut yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membaca/membeli majalah Islam adalah sebanyak 12 atribut yaitu Manfaat yang diperoleh membaca majalah, tema, kekritisan/ketajaman pembahasan, artikel yang muat dalah majalah, gaya bahasa, rubrik keagamaan, judul cover, tokoh agama yang diangkat, kemudahan memperoleh majalah, harga, desain cover dan kualitas cetkan majalah. Persepsi dan sikap pembaca majalah Islam berdasarkan hasil analisis Fishbein adalah majalah Al-Mujtama lebih disukai dibanding majalah Hidayatullah. Tetapi jika dibandingkan dengan majalah Sabili, maka majalah Majalah Al-Mujtama kurang disukai daripada majalah Sabili. Menurut pembaca majalah Al-Mujtama unggul pada atribut kekritisan/ketajaman pembahasan dan atribut rubrik keagamaan. Sementara kelemahan dari majalah Al-Mujtama adalah pertama pada kemudahan memperoleh majalah yang artinya majalah Al-Mujtama susah didapat yang disebabkan oleh jaringan distribusi yang belum luas. Kedua adalah desain cover karena pada umumnya desain cover majalah Al-Mujtama kurang kontras sehingga tidak menarik bagi pembaca, dan yang ketiga adalah kualitas cetakan yang mungkin disebabkan juga oleh kualitas kertas yang kurang bagus sehingga berpengaruh pada kualitas cetakan. Kisaran harga majalah Al-Mujtama yang dapat diterima konsumen untuk daerah Jawa adalah antara Rp 8,889 sampai dengan Rp 10,935. Sementara harga ideal untuk majalah Al-Mujtama adalah Rp 9,444. Kisaran Harga majalah Al-Mujtama yang dapat diterima konsumen untuk daerah luar Jawa adalah Rp 9,778 sampai dengan Rp 12,029 dan harga idealnya adalah Rp 10,388. Pada kisaran harga tersebut konsumen menganggap harga majalah Al-Mujtama tidak terlalu mahal ataupun terlalu murah dengan kata lain harga tersebut merupakan harga optimum. Implikasi manajerial bagi perusahaan Mujtama Media Nusantara adalah pertama mengubah sikap pembaca terhadap majalah Al-Mujtama berdasarkan nilai skor atribut dengan mengasosiasikan majalah Al-Mujtama melalui event atau kelompok individu yang dihargai. Kedua adalah mempertahankan kinerja terhadap atribut kekritisan/ketajaman pembahasan dan rubrik keagamaan. Ketiga meningkatkan kinerja terhadap atribut kemudahan memperoleh majalah, desain cover dan kualitas cetakan. Keempat menetapkan harga majalah Al-Mujtama berdasarkan kisaran harga yang dapat diterima oleh konsumen.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Majalah, Perilaku Konsumen, Analisis Cochran, Analisis Fishbein, Analisis Biplot, Analisis Sensitivitas Harga.
Subjects: Manajemen Pemasaran
Depositing User: Library
Date Deposited: 12 Dec 2011 03:19
Last Modified: 22 Oct 2014 09:11
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/265

Actions (login required)

View Item View Item