Mengkaji peluang peningkatan pangsa pasar kakao melalui kantor pemasaran bersama pt. perkebunan jakarta

Rosidi, Abidarin (1993) Mengkaji peluang peningkatan pangsa pasar kakao melalui kantor pemasaran bersama pt. perkebunan jakarta. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
R01-01-Rosidi-Cover.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
R01-02-Rosidi-Ringkasaneksekutif.pdf - Published Version

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text
R01-04-Rosidi-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
R01-03-Rosidi-Daftarisi.pdf - Published Version

Download (541kB) | Preview
[img] Text
Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Tujuan geladikarya ini adalah untuk mengkaji peluang peningkatan pangsa pasar kakao melalui Kantor Pemasaran bersama PT. Perkebunan Jakarta, dengan cara melihat dan mengaudit dari situasi pasar yang ada saat sekarang, kemudian disusun suatu alternatif perencanaan strategi yang dapat mendukung terhadap pencapaian tujuan perusahaan dimasa yang akan datang. Pasaran Kakao Indonesia dalam beberapa periode ini secara keseluruhan adalah mengalami kelesuan bahkan para pakar ekonomi kakao berpendapat bahwa sampai tahun 2000 pun pasaran kakao masih dalam kondisi under pressure sebagai akibat persentase laju pertumbuhan serapan grinding lebih kecil dari persentase laju pertumbuhan produksi. Belum masalah harga di pasaran Internasional yang masih tetap melemah, ini sedikit banyak akan membawa dampak pada harga pasaran dalam negeri. Untuk menghadapi kondisi-kondisi seperti tersebut, Kantor Pemasaran Bersama sebagai ujung tombak dari PT. Perkebunan di dalam memasarkan komoditinya, khususnya kakao, perlu melakukan pembenahan-pembenahan baik yang menyangkut struktur organisasi maupun yang menyangkut fungsinya, sehingga pengembangan-pengembangan dapat dilakukan dengan lebih leluasa lagi, khususnya di dalam mengembangkan pasar ekspor . Salah satu kendala yang dihadapi di dalam mengembangkan ekspor kakao adalah masih terjadinya over supply di pasaran Internasional, ha1 ini disebabkan oleh laju pertumbuhan kenaikan konsumsi masih kalah jauh dengan laju kenaikan produksi. Dalam mengahadapi kondisi tersebut, diperlukan konsep-konsep strategi pemasaran yang cukup tangguh, yaitu melalui upaya menciptakan, mempertahankan dan mengembangkan pasar. Dari hasil analisa Alat Pengambilan Keputusan Pemasaran, melalui tahap-tahapan audit pemasaran, prakiraan penjualan, dan analisa persaingan, menunjukkan bahwa komoditi kakao yang dipasarkan oleh Kantor Pemasaran Bersama masih mempunyai peluang yang cukup tinggi, hal ini diperlihatkan dari pertumbuhan ekspor, meningkatnya konsumsi dalam negeri dan berkurangnya tingkat produksi dari negara produsen seperti Brazil dan Malayasia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 170ROS m
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pemasaran, kakao, pangsa pasar,Strategi Pemasaran Ekspor kakao.
Subjects: Manajemen Pemasaran
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 06 Jan 2017 07:30
Last Modified: 02 Mar 2020 08:42
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/2753

Actions (login required)

View Item View Item