Analisis strategi ekspor kayu lapis pt.np

Purnadi, Hendra (1993) Analisis strategi ekspor kayu lapis pt.np. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
R02-01-Purnadi-Cover.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
R02-02-Purnadi-RingkasanEksekutif.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
R02-04-Purnadi-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
R02-03-Purnadi-Daftarisi.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img] Text
Tesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan geladi karya ini adalah untuk mencari alternatif strategi pemasaran ekspor kayu lapis yang mungkin diterapkan oleh PT. NP untuk mengatasi permasalahan manajemen, yakni tidak tercapainya sasaran yang telah dicanangkan. Dasar pertama dalam analisis strategi ini yakni hasil kaji manajemen yang menunjukkan tingkat beda (kurang) antara sasaran yang ingin dicapai (pertumbuhan penjualan sebesar 10 persen per tahun) dengan realisasinya (kurang dari dua persen). Selanjutnya dilakukan penelitian mengenai lingkungan usaha yang meliputi antara lain kondisi pasar dunia, sistem tata niaga yang berlaku, dan variabel-variabel ekonomi makro di beberapa wilayah pasar yang kemungkinan dapat dijadikan wilayah pengembangan pasar produk PT. NP. Analisis dilakukan secara diskriptif dan kuantitatif menggunakan model regresi. Selama ini hampir seluruh volume ekspor PT. NP (lebih dari 95 persen) diarahkan ke pasar tertentu (tradisional) yang berada di bawah koordinasi APKINDO (Asosiasi Panel Kayu Indonesia). Pasar yang bersangkutan merupakan penyerap produk kayu lapis terbesar di dunia. Sementara itu tingkat pertumbuhan pasar dunia yang ada menunjukkan gejala ke arah kedewasaan dengan tingkat pertumbuhan rata-rata 0.9 persen per tahun dalam tahun-tahun terakhir ini. Atas dasar ha1 tersebut di atas dan keterbatasan data yang dihimpun, disimpulkan terdapat dua alternatif pemecahan masalah yang dapat dipilih oleh PT. NP. Alternatif pertama yakni tetap menggarap pasar tradisional yang ada dengan melakukan penyesuaian sasaran yang ingin dicapai dengan potensi pertumbuhan pasar tradisional. Keuntungan dari penyesuaian sasaran akan menghemat sumber daya perusahaan. Dengan memperhatikan sistem tata niaga yang berlaku di pasar tradisional perusahaan perlu menerapkan strategi produk yakni mempertahankan 'kemampuan dalam hal memproduksi mutu standar berikut pelayanannya. Implikasi dari penerapan alternatif tersebut yakni tingkat penjualan yang stabil. Pertumbuhan penj;alan di pasar tradisional bagi PT. NP masih dapat diupayakan apabila perusahaan mampu melayani pesanan pada setiap kesempatan awal dan periode "luang" yang ada dapat dipergunakan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya pengembalian jatah kuota ekspor oleh anggota APKINDO lainnya, ataupun tambahan kuota akibat peningkatan permintaan pasar . Alternatif kedua, yakni dengan melakukan pengembangan wilayah pemasaran, ke luar pasar tradisional, disamping tetap menggarap pasar tradisonal. Strategi ini memungkinkan dipertahankannya sasaran yang selama ini menjadi acuan gerak perusahaan. Adapun implikasi dari penerapan strategi ini yakni perlunya upaya tambahan untuk memahami karakteristik pasar baru. Dari hasil penyaringan (screening) beberapa negara (Asia Selatan dan Australia) didapat gambaran bahwa Australia dapat dijadikan sebagai salah satu wilayah pengembangan pasar. Keuntungan pemilihan Australia sebagai wilayah pengembangan yakni jarak yang relatif dekat sehingga dapat ditetapkan harga jual yang kompetitif terhadap pesaing utama, serta tidak terkena aturan tata niaga kecuali persyaratan "custom clearence". Dalam hal ini strategi yang mungkin diterapkan adalah pelayanan permintaan produk sesuai standar yang dianut pembeli, harga jual penetrasi agar dapat merebut pelanggan, menjalin kontak langsung dengan para importir di masing-masing negara bagian secara aktif, serta perlunya kesabaran manajemen perusahaan dalam melayani pesanan dalam partai kecil-kecil.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 76Pur a
Uncontrolled Keywords: Pemasaran kayu lapis, produksi kayu lapis, pasar kayu lapis dunia, Apkindo, Pengembangan daerah pemasaran
Subjects: Manajemen Strategi
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 06 Jan 2017 08:40
Last Modified: 28 Feb 2020 05:03
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/2755

Actions (login required)

View Item View Item