Kajian kebijakan pemasaran (saluran penjualan) produk pintu jati di perum perhutani

Suwarto, Caslam (1993) Kajian kebijakan pemasaran (saluran penjualan) produk pintu jati di perum perhutani. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
R02-01-Suwanto-Cover.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
R02-02-Suwanto-Ringkasan.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
R02-04-Suwanto-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
R02-03-Suwanto-Daftarisi.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[img] Text
Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: http://lib.sb.ipb.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mempelajari sejauhmana kebijakan saluran penjualan yang sudah diterapkan oleh Perum Perhutani dalam pemasaran produk pintu jati dalam meningkatkan pendapatan atau keuntungan yang berkesinambungan. Kemudian dari kondisi yang ada disusun suatu alternatif penyempurnaan kebijakan yang diperlukan untuk mendukung pemasaran produk pintu jati di masa yang akan datang. Kajian kebijakan ini dilakukan di kantor Direksi Pusat Perum Perhutani, Unit I Jawa Tengah dan Unit Industri Pengolahan Kayu Jati (IPKJ) Cepu serta ditambah. data dan informasi dari Kantor Menteri Negara Perumahan Rakyat, Real Estate Indinesia, Biro Pusat Statistik, Indonesian Sawntimber and Wood Working Association (ISA) dan pihak-pihak terkait lainnya. Proses perencanaan pemasaran, strategi dan program pemasaran menurunkan strategi distribusi sebagai kajian pokok dengan analisis situasi dalam audit distribusi. Analisis lingkungan internal (profil produk dan profil fasilitas) memiliki keunggulan yang tinggi bagi perusahaan dalam bersaing,sedang profil biaya dan profil distribusi memiliki kekurangan yang perlu penyempurnaan. Ancaman pokok pada lingkungan ekternal perusahaan terutama berkisar pada tingkat persaingan yang tinggi, adanya issu lingkungan hidup akan kayu tropis, eco-labeling dan adanya kebijakan pemerintah yang setiap saat memberikan dampak yang kurang menguntungkan bagi perusahaan. Namun disamping ancaman terdapat pula peluang-peluang yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan antara lain adanya peningkatan permintaan perumahan, meningkatnya gaya hidup kelompok ekonomi menengah ke atas. Pada lingkungan internal perusahaan, kelemahan-kelemahan yang harus diwaspadai antara lain lemahnya sistem delivery, belum mampu mengantisipasi perubahan pasar, target pasar yang kurang jelas, sistem birokrasi yang kuat. Perusahaan juga banyak memiliki kekuatan –kekuatan yang menonjol dan sangat mendukung untuk pengembangan lebih lanjut. Kekuatan tersebut antara lain bahan baku kayu jati yang cukup tersedia,sumber dana yang cukup besar, penguasaan teknologi, sumberdaya manusia yang cukup jumlahnya dan profesional. Kinerja dari kebijakan pemasaran (saluran penjualan) yang diterapkan Perum Perhutani, pada kenyataannya belum mampu memberikan peranan atau konstribusi pendapatan dan laba yang diharapkan. Hasil analisis menunjukkan konstribusi marjin sebesar 26,16 % dari harga jual, sedang perhitungan labalrugi menunjukkan adanya kerugian sebesar Rp. 80.995.019,- dan tingkat Break even point(BEP) belum dapat dicapai yakni sebesar : Rp.551.599.584 atau 2.984 buah. Dengan kenyataan ini langkah yang perlu dilakukan perusahaan adalah penyempurnaan kebijakan pemasaran (saluran penjualan ) yang selama ini menitik beratkan pada pesanan atau order (secara langsung) . Strategi yang direkomendasikan adalah “Startegi Distribusi Eksklusif” dengan “Tingkat Saluran Distribusi Pendek ( Satu Tingkat)” yaitu Agen Swasta Dalam mendukung pelaksanaan strategi yang dipilih, Perum Perhutani perlu menyusun program implementasi yang realistis dan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien, antara lain: kerjasama dengan agen swasta yang eksklusif, diversifikasi produk komplementer dan produk pintu non jati, meningkatkan image konsumen, meningkatkan kepuasan konsumen dan menetapkan harga jual ditingkat agen . Sebagai kontrol terhadap pelaksanaan program implementasi dan untuk mengukur kinerja agen, maka Perum Perhutani perlu menyusun laporan secara kontunyu baik bulanan, triwulan, semester maupun tahbnan .

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 74Suw k
Uncontrolled Keywords: Analisis Situasi, Analisis Kekuatan, Kelemahan, kesempatan dan ancaman, SWOT,
Subjects: Manajemen Pemasaran
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 17 Jan 2017 03:12
Last Modified: 02 Mar 2020 08:45
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/2757

Actions (login required)

View Item View Item