Kaji strategi pemasaran produk tissue untuk mempertahankan keberadaan pt gku dalam bisnis tissue

Inderayati, Luluk (1994) Kaji strategi pemasaran produk tissue untuk mempertahankan keberadaan pt gku dalam bisnis tissue. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
R03-02-Inderayati-Cover.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
R03-03-Inderayati-Daftarisi.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
R03-04-Inderayati-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
R03-02-Inderayati-Ringkasan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Agroindustri sebagai salah satu sub sistem penting dalam agribisnis, memiliki potensi nilai tambah yang relatif besar. Hal ini juga tercermin pada usaha PT GKU yang termasuk dalam kategori Agroindustri. bersaingan dalam dunia usaha tiap tahun akan meningkat terus dewasa ini, ha1 ini terlihat dari banyaknya perusahaan yang bangkrut karena tidak dapat bertahan dalam ketatnya intensitas persaingan tersebut. Dalam era orientasi pasar saat ini, setiap usaha memerlukan strategi pemasaran yang tepat dan handal yang dapat dijadikan sebagai keunggulan kompetitif. sehubungan dengan kondisi persaingan yang semakin kompetitif ini, PT GKU yang bergerak dalam industri converting tissue melakukan usaha yang sama. Rendahnya hambatan untuk memasuki bisnis ini (easy to entry) dan dukungan pemerintah yang secara umum memberikan kemudahan-kemudahan bagi investor terutama dalam negeri untuk menanamkan modalnya dalam bisnis ini merupakan salah satu faktor yang mendorong timbulnya industri-industri rumah tangga sehingga menjadikan bisnis ini industri yang terfragmentasi. Pokok permasalahan yang dihadapi saat ini adalah bagaimana mempertahankan ataupun meningkatkan share pasarnya sehingga diperlukan strategi pemasaran yang sesuai dengan perubahan yang terjadi di pasar. Tujuan Studi Tujuan dari studi ini adalah untuk mengkaji dan mengevaluasi strategi yang telah diterapkan PT GKU dan merancang beberapa alternatif strategi pemasaran untuk mencapai tujuan tersebut, pembahasan yang dilakukan meliputi analisa lingkungan pemasaran yang meliputi analisa lingkungan eksternal dan internal perusahaan dimana dalam analisanya didukung dengan analisa SWOT. Metodologi dan Ruang Lingkup studi metodologi yang digunakan dalam studi ini adalah studi kasus, denqan teknik penqumpulan data didasarkan pada data primer yaitu melakukan wawancara langsung dengan menejemen PT GKU, sejumlah konsumen untuk outlet supermarket dan beberapa perusahaan yang merupakan pesaing terdekat PT GKU. Selain itu, juga digunakan data sekunder yang diperoleh dari beberapa publikasi terkait. Batasan dalam studi ini antara lain hasil wawancara terhadap konsumen hanya digunakan sebagai data pendukung dan wawancara terhadap pesainq terdekat hanya yang bersedia diwawancarai. Hasil Studi Hasil analisa internal lebih difokuskan pada bidang pemasaran, karena bidang inilah yang menjadi kajian studi. Namun demikian, bidang pemasaran tersebut dalam merumuskan strategi yang mana merupakan ujung tombak dari kegiatan usaha tidak terlepas dari lingkungannya baik lingkunqan di luar perusahaan atau lingkungan di dalam perusahaan. Lingkungan di luar perusahaan mencakup lingkungan jauh (kondisi makro), linqkungan industri dan lingkungan operasi. Berdasar hasil analisa lingkungan jauh diketahui bahwa faktor-faktor ekonomi, peraturan, teknologi, politik dan sosila .budaya memberikan peluang bagi industri ini untuk berkembang. Selanjutnya dari hasil analisa industri diketahui bahwa rendahnya hambatan untuk masuk ataupun keluar (Hit and Run) dari industri ini mengakibatkan struktur industri menjadi terfragmentasi sehingga tingkat persaingan di dalam industri tersebut semakin ketat. Konsisi tersebut mengundang tumbuhnya pendatang-pendatang baru untuk masuk. Posisi pembeli relatif lebih kuat dibanding posisi pemasok dan produk sibsituisi. Selanjutnya berdasar analisa lingkungan operasi diperoleh bahwa PT GKU mempunyai keunggulan bersaing yang relatif lebih baik dibanding pesaing-pesaingnya baik dalam ha1 produk, coverage distribusi, ataupun loyalitas karyawan dan konsumen. Kelemahan terutama dirasakan dalam ha1 kegiatan promosi dan akses terhadap supermarket, khususnya supermarket-supermarket yang mempunyai popularitas di mata konsumen baik dari jumlah outlet ataupun pelayanan. Kesimpulan dan Saran Analisa tersebut baik eksternal ataupun internal memberikan hasil bahwa untuk jangka panjang perusahaan sebaiknya melakukan strategi diversifikasi dalam memanfaatkan kekuatan yang dimiliki dan menghadapi atau bahkan mengeliminir ancaman yang timbul. Kesimpulan ini diambil setelah dilakukan suatu proses perhitungan dengan menggunakan pendekatan Analytical Hierarchic Process (AHP). Sedangkan untuk jangka pendek strategi pemasaran lebih diarahkan pada Trade Promotion dan Multy Brand Strategy, Intensive dan Selektive Distribution Strategy dan mereevaluasi struktur harga terutama di tingkat grosir. Seluruh strategi tersebut diarahkan pada program-program pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan image, mempertahankan loyalitas, peningkatan penjualan secara cepat dan riset pemasaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 100IND k
Uncontrolled Keywords: Manajemen pemasaran, Agroindustri, Analisa SWOT.
Subjects: Manajemen Pemasaran
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 19 Jan 2017 05:03
Last Modified: 02 Mar 2020 09:23
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/2770

Actions (login required)

View Item View Item