Analisis strategi pemasaran kayu olahan di pt. inhutani iii

Lubis, Mariana (1994) Analisis strategi pemasaran kayu olahan di pt. inhutani iii. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
R02-01-Lubis-Cover.pdf - Published Version

Download (899kB) | Preview
[img]
Preview
Text
R02-02-Lubis-Ringkasan.pdf - Published Version

Download (870kB) | Preview
[img]
Preview
Text
R02-03-Lubis-Daftarisi.pdf - Published Version

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
Text
R02-04-Lubis-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

PT. (Persero) lnhutani Ill adalah perusahaan pemegang Hak Pengusahaan Hutan, yang berstatus sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam lingkup Departemen Kehutanan. Kegiatannya meliputi eksploitasi, pengolahan (industri) dan pemasaran. Kayu bulat dimanfaatkan untuk industri pengolahan kemudian sisanya dijual ke pasar. Pengolahan meliputi industri penggergajian kayu dan industri kayu olahan. Kayu olahan yang dihasilkan adalah moulding dan dowel yang dialokasikan untuk pasar luar negeri. Sejak tahun 1991, potensi hutan yang dimiliki PT. lnhutani Ill mengalami penurunan sehingga target tebangan yang diharapkan tidak dapat tercapai. Hal ini menyebabkan produksi kayu bulat PT. lnhutani Ill menurun rata-rata 31 % dari tahun sebelumnya. Kondisi demikian menyulitkan bagi PT. lnhutani Ill dalam mengalokasikan kayu bulatnya untuk kebutuhaan industri kayu olahan, terutama dari jenis kayu Ramin. Sejalan dengan ha1 itu, maka geladikarya ini bertujuan untuk menelaah bagaimana seharusnya strategi PT. lnhutani Ill dalam menghadapi penurunan produksi kayu bulat, khususnya dalam strategi memasarkan kayu olahannya. Pendekatan pemecahan masalah dilakukan dengan menelaah kondisi lingkungan intemal maupun ekstemal. Analisis terhadap lingkungan intemal bertujuan untuk menelaah kekuatan (Strength) dan kelemahan (Weaknesses) PT. lnhutani Ill sedangkan lingkungan ekstenal bermanfaat untuk menelaah bagaimana peluang (Opportunity) atau ancaman (Threats) yang akan dihadapi oleh PT. lnhutani Ill. Selanjutnya komponen Strength, Weknesses, Opportunity dan Threats digunakan sebagai kerangka logis dalam menetapkan strategi terbaik untuk tingkat korporasi, strategi bersaing dan strategi fungsional pemasarannya. Berdasarkan strategi terpilih disusun program implementasinya. lkhtisar (SWO dan T), menunjukkan bahwa PT. lnhutani Ill sebaiknya menerapkan strategi korporasi yaitu pertumbuhan yang selektif. Pertumbuhan dimaksudkan agar potensi bahan baku yang dimiliki sebagai salah satu sumber keunggulan bersaing, dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin. Selektif dimaksudkan agar pertumbuhan perusahaan tetap disesuaikan dengan potensi bahan baku yang masih tersedia baik dari segi jenis, kualitas maupun kuantitasnya. Untuk strategi bersaing yang akan mendukung strategi pertumbuhan sebaiknya dipilih strategi fokus dengan titik berat pada penekanan biaya (cost focus). Strategi fokus dipilih berdasarkan pertimbangan bahwa hingga saat ini PT. lnhutani Ill masih memiliki pangsa pasar yang relatif masih kecil, sehingga dengan strategi tersebut perusahaan diharapkan mampu melayani segmen tertentu dengan baik. Penekanan biaya dilakukan karena lebih baik dibandingkan dengan strategi differensiasi yang relatif membutuhkan waktu dan biaya yang banyak dalam melakukan penelitian untuk menghasilkan sesuatu yang unik yang dapat membedakan PT. lnhutani Ill dari perusahaan yang lain. Disamping itu, penekanan biaya lebih mungkin untuk dilakukan dengan memanfaatkan integrasi vertikal sebagai sumber keunggulan biaya. Selanjutnya,strategi fungsional pemasaran juga harus selektif, baik dalam strategi produk, harga, distribusi maupun promosinya. Produk dikembangkan ke arah produk yang bemilai tambah tinggi, sesuai dengan selera konsumen. Penekanan jenis bahan baku dilakukan terhadap kayu non Ramin, kemudian dilakukan standarisasi yang bertujuan untuk memudahkan proses produksi, pengawasan, dan dengan sendirinya menurunkan biaya produksi. Harga ditetapkan secara periodik, dimana penentuan harga didasarkan pada target cost. Pasar sasaran tetap mengutamakan pasar yang sudah ada, akan tetapi secara selektif berusaha mengembangkan pasar-pasar yang baru. Untuk itu, wilayah distribusi dibagi atas Amerika Serikat-Kanada, Eropa dan Asia-Australia. Untuk wilayah distribusi Amerika Serikat-Kanada dan Eropa dibutuhkan agen tertentu, sedangkan untuk wilayah Asia-Australia dapat dilakukan sendiri oleh PT.lnhutani Ill. Sejalan dengan ha1 itu, untuk memudahkan dan mengefisienkan kegiatan promosi, maka diciptakan katalog yang memuat produk yang dihasilkan serta daftar harga yang dengan catatan dapat berubah sewaktu-waktu.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 134LUB a
Uncontrolled Keywords: manajemen pemasaran, Inhutani, Kehutanan, Hutan, kayu.
Subjects: Manajemen Pemasaran
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 16 Feb 2017 05:42
Last Modified: 03 Mar 2020 07:14
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/2824

Actions (login required)

View Item View Item