Strategi Pemasaran Benih Sayuran Hibrida di PT Sang Hyang Seri (persero)

Iman , Taufiq (1999) Strategi Pemasaran Benih Sayuran Hibrida di PT Sang Hyang Seri (persero). Masters thesis, IPB.

[img]
Preview
PDF
3-01-Imam-cover.pdf

Download (911kB)
[img]
Preview
PDF
3-02-Imam-RingkasanEksekutif.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
3-03-Imam-daftarIsi.pdf

Download (845kB)
[img]
Preview
PDF
3-04-Imam-Pendahuluan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Benih bermutu dari varietas unggul memegang peranan yang sangat penting dalam usaha peningkatan produksi pertanian. Penggunaan benih bennutu merupakan hal yang perlu mendapat perhatian, baik komoditas padi, palawija, maupun hortikultura sangat ditentukan oleh mutu benih yang digunakan saat memproduksi. Masukan-masukan lainnya seperti pupuk dan pestisida akan memberikan dukungan positif manakala petani menggunakan benih bennutu. Mutu benih yang dimaksud mencakup tiga hal yang tidak terPTsahkan yaitu mutu lisik, mutu lisiologi dan mutu genetik (Sadjad, 1993). Varietas hibrida memiliki keunggulan dibandingkan dengan varietas benih bersari bebas, yaitu memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap peningkatan produksi, mengurangi penggunaan pestisida, dan menghomogenkan produksi dan meningkatkan daya tahan simpan. Didalam bisnis sayuran, pengembangan tehnik manaJemen pertanaman sangat mempengaruhi pennintaan akan benih dengan jalan meningkatkan jumlah varietas yang diminta oleh penanam, dan mempersingkat daur hidup varietas. Kenyataannya bahwa benih sayuran yang selama ini digunakan di Indonesia masih 80% diproduksi dari pertanaman petani dengan mutu seadanya, sedangkan 20% merupakan benih impor yang didatangkan dari negara maju yang telah memiliki industri perbenihan yang mantap. Untuk mengatasi kekurangan dan rendahnya kualitas dari benih sayuran yang tersedia di Indonesia, PT Sang Hyang Seri (Persero) melakukan pengembangan usaha pada komoditi hortikultura, yaitu tanaman benih sayuran hibrida dengan merencanakan dan mengusulkan "The project to build up a high quality vegetahle seed industri in Indonesia" melalui kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Perancis. Untuk mengoptimalkan pemasaran benih sayuran hibrida hasil produksi kerjasama PT Sang Hyang Seri (Persero) dengan Technisem Perancis, terutama dalam maka perlu dilakukan analisa terhadap kondisi struktural industrinya, serta lingkungan persaingan dalam industrinya. Selanjutnya juga perlu dikaji perencanaan pernasaran melalui situasi pernasaran saat ini, peluang dan ancarnan dari faktor-faktor eksternal perusahaan serta kekuatan dan kelemahan faktor-faktor internal perusahaan. Untuk rnenjawab dan memecahkan permasalahan di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk, (I) mengetahui prospek pemasaran benih sayuran hibrida berdasarkan data permintaan dan pernasaran benih sayuran, (2) menganalisa kondisi lingkungan industri, kondisi internal (kekuatan dan kelemahan), serta kondisi eksternal (peluang dan ancaman) yang dihadaPT perusahaan, dan (3) Menyusun strategi pemasaran dan program pemasaran yang tepat dan efektif bagi perusahaan dalam menghadapi situasi persaingan dalam industri. Ruang lingkup Ge1adikarya adalah mencakup anal isis lingkungan internal dan ekternal perusahaan. Lingkungan internal membahas kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan, sedang lingkungan eksternal rneliputi peluang serta ancaman yang dihadapi perusahaan, antara lain dengan mengetahui prospek pemasaran benih sayuran saat ini serta melakukan analisis terhadap lingkungan industrinya. Metode penelitian ini bersifat deskriptif berupa studi kasus di PT Sang Hyang Seri (Persero), yang dilakukan selama dua bulan terhitung sejak bulan Oktober sampai. dengan November 1998. Data yang dikumpulkan yaitu mulai tahun 1995 sampai dengan tahun 1997, antara lain sebagai berikut, gambaran umum, struktur organisasi, data kemampuan surnberdaya, data keuangan, spesifikasi produk, peta produksi sayuran di wilayah RJ dan data luas panen per ha dan spesifikasi produk per wilayah, pasar yang ada dan pertumbuhan pasar, peraturan pemerintah, data produk substitusi, data pesaing dalam industri benih sayuran hibrida, serta data-data lain yang diperlukan. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di PT. Sang Hyang Seri (Persero) maka hasil analisis dan pernbahasan dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Berdasarkan analisis industri perbenihan sayuran maka tingkat pertumbuhan dalam industri ini relatif tinggi. Ini dibuktikan dengan banyaknya perusahaan yang berkecimpung dalam bisnis benih sayuran baik produsen maupun importir. Oleh karena itu maka tingkat persaingan diantara perusahaan dalam industri perbenihan sayuran cukup ketal. Ancaman pendatang baru relatif rendah, disebabkan oleh skala ekonomis yang tidak harus selaJu besar dan ciri produk yang standar. Ancaman produk substitusi keciVtidak mengancam industri perbenihan sayuran, karena benih sayuran bersari bebas dari perbanyakan petani mutunya tidak baik. Kekuatan tawar menawar pembeli cukup kuat terutama konsumen yang membeli dalam partai besar yang peka terhadap perubahan harga, sedangkan kekuatan tawar menawar pemasok relatif kecil disebabkan oleh jumlah pemasok yang banyak dalam industri perbenihan sayuran. (2) PT Sang Hyang Seri (Persero) mempunyai kekuatan dan peluang yang cukup besar untuk mengembangkan dan memasarkan benih sayuran. Strategi pemasaran yang perlu diterapkan oleh PT Sang Hyang Seri (Persero) adaJah strategi pertumbuhan/ strategi agresif untuk penetrasi dan penerobosan pasar yang dilakukan dengan cara langsung menantang pasar. berhadapan dengan pesaing utama daJam industri dengan menggunakan strategi generik yaitu keunggulan biaya menyeluruh untuk meraih pangsa pasar daJam jangka pendek. dan stratcgi diferensiasi daJam jangka panjang untuk mcngembangkan keunikan dan kekhasan produk. (3) Strategi bauran pemasaran diimplementasikan daJam rangka membantu mencapai tujuan dan sasaran PT Sang Hyang Seri (Persero) dalam membidik target pasar. Strategi ini mencakup pcnempatan (positioning) produk. benih sayuran yang dipasarkan oleh PT Sang Hyang Seri (Pcrsero) diposisikan sebagai benih sayuran dari varietas unggul bermutu tinggi dan produk juga harus memiliki merek dagang scndiri yang menarik. unik dan komersial. Dalam jangka pendek perusahaan menerapkan strategi panetrasi harga dengan tujuan untuk meraih pangsa pasar. Untuk distribusi menggunakan saluran distribusi yang telah ada saat ini. sedangkan promosi dapat dilakukan melalui variasi bentuk promosi seperti promosi penjuaJan. advertensi/ iklan dan publikasi. Program-program pemasaran dapat disusun kedalam program jangka pendek (1-2 tahun) dan program jangka panjang. DaJam jangka pendek pemberian merek/nama dagang sendiri. keterangan dalam kemasan sebaiknya dalam bahasa indonesia. Program jangka panjang antara lain yaitu meningkatkan keanekaragaman varietas benih sayuran. diferensiasi dalam mutu. harga serta meningkatkan pelayanan konsumen. Program penetapan harga daJam jangka pendek yaitu program harga promosi dan dalam jangka panjang program penetapan harga yang berorientasi marjin. Program peningkatan fungsi jaringan distribusi dapat dilakukan dalam jangka pendek sedangkan program memperluas jaringan distribusi melaJui kerjasama pemasaran dengan distributor profesional dalam jangka panjang. Program promosi dalam jangka pendek dilakukan melalui iklan dalam majalah, katalog. brosur dan promosi penjualan dalam pameran. Sedangkan bentuk promosi publisitas dapat dilakukan dalam jangka panjang dan jangka pendek. Adapun saran yang dikemukakan oleh penulis adalah sebagai berikut : (I) Untuk memenuhi permintaan benih sayuran yang cenderung meningkat secara kuantitas dan kualitas, maka PT Sang Hyang Seri (Persero) perlu meningkatkan jenis komoditi yang dipasarkan. (2) Untuk memperkenalkan benih sayuran kepada konsumen perlu dilakukan promosi dan penyuluhan yang gencar terhadap petani pengguna. (3) Untuk menganalisis pesaing dan konsumen serta mengevaluasi terhadap strategi perusahaan maka riset pemasaran perlu dilaksanakan secara berkala, hal perlu dilakukan untuk melihat keragaman genetik dari produk pesaing. harga yang ditawarkan, sistem potongan harga yang diberlakukan. scrta pelayanan purna jual (pelayanan teknisl penyuluhanl petunjuk penanaman).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran Benih Sayuran Hibrida di PT Sang Hyang Seri (persero)
Subjects: Manajemen Pemasaran
Divisions: Sekolah Bisnis > Perpustakaan
Depositing User: Staff-4 Perpustakaan
Date Deposited: 28 Dec 2011 06:17
Last Modified: 28 Dec 2011 06:17
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/392

Actions (login required)

View Item View Item