EVALUASI STRATEGI DlVERSlFlKASl USAHA AYAM PADA PT. TRI PURl LESTARI

Rurianti, Anita (2002) EVALUASI STRATEGI DlVERSlFlKASl USAHA AYAM PADA PT. TRI PURl LESTARI. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
PDF
e6b-01-anitarurianti-cover.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF
e6b-02-anitarurianti-ringkasaneksekutif.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img]
Preview
PDF
e6b-03-anitarurianti-daftarisi.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF
e6b-04-anitarurianti-bab1pendahuluan.pdf - Published Version

Download (123kB)
Official URL: http://elibrary.mb.ipb.ac.id

Abstract

Terjadinya krisis ekonomi yang multi dimensi berdampak pada meningkatnya harga bahan makanan diseluruh tingkatannya, baik bahan makanan pokok apalagi makanan sebagai penyertanya, dalam hal ini khususnya lauk pauk sebagai bahan makanan penyerta nasi. Kondisi ini sekaligus akan berakibat pada tidak terpenuhinya kebutuhan kesehatan masyarakat, terutama pada golongan ekonomi menengah ke bawah. Guna menanggulangi kondisi tersebut dibutuhkan adanya peran serta pengusaha dalam bidang pemenuhan kebutuhan pangan, khususnya sumber makanan berprotein, dalam rnemproduksi, mengembangkan dan memasarkan bahan makanan sumber protein yang harganya terjangkau oleh seluruh lapisan baik untuk masyarakat golongan ekonomi atas terutama sekali untuk golongan ekonomi bawah dengan kualitas protein yang tidak kurang atau bahkan lebih baik dari sumber protein yang harganya lebih mahal. Sehingga secara tidak langsung akan membantu bangsa Indonesia memiliki gizi yang baik yang akan berakibat pada peningkatan sumber daya manusia yang dimiliki bangsa ini. lkan lele merupakan salah satu bahan makanan sumber protein yang kompetitif dengan memiliki keunggulan harga yang jauh lebih murah dari sumber protein lainnya, baik dengan sesama ikan, seperti ikan mas, bawal dan lain sebagainya, apalagi bila dibandingkan dengan harga daging ayam atau daging sapi yang harganya sangat fluktuatif dan cenderung mengalami kenaikan harga yang relatif tinggi. Kebijakan mengembangkan dan memasarkan ikan lele yang dilakukan oleh perusahaan juga sejalan dengan besarnya potensi pasar ikan lele yang dalam dua tahun terakhir mengalami peningkatan rata-rata 15 % dengan pertumbuhan penduduk sebesar 10 % tiap tahunnya. Hal tersebut menjadi peluang bisnis yang kompetitif bagi peternakan yang memiliki usaha serupa. Untuk lebih memantapkan dan mengembangkan usaha yang baru berjalan 1 tahun ini sehingga mampu bertahan pada bisnis ini bahkan pada masa yang akan datang diharapkan agar lebih mampu mengembangkan usaha yang lebih luas lagi, serta mengantisipasi persaingan bisnis yang kompetitif maka pihak manajemen PT. Tri Puri Lestari harus mengupayakan untuk menerapkan strategi-strategi yang tepat dan sesuai dengan kondisi yang ada. Selain itu sejak awal perencanaan pengembangan usahanya, PT. Tri Puri Lestari mengharapkan suatu usaha yang masih terintegrasi dengan usaha yang sudah ada untuk memperkecil biaya dan memanfaatkan yang sudah ada. Dalam hal ini perusahaan bermaksud mengurangi biaya untuk pakan ternak ikan lele dapat dikurangi dengan tersedianya limbah yang cukup dari ternak ayam. Faktor-faktor lain yang perlu dipertimbangkan oleh PT. Tri Puri Lestari dalam rangka diversifikasi usahanya meliputi pengetahuan dan persepsi masyarakat terhadap kualitas dan kebersihan akan ikan lele, faktor peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan serta faktor kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan, merupakan keseluruhan faktor yang menjadi dasar pertimbangan dalam mengembangkan usahanya. Tujuan dan kegunaan penelitian digunakan untuk a) mengetahui factor faktor yang berpengaruh terhadap diversifikasi usaha perusahaan, b) mengevaluasi secara obyektif strategi-strategi alternatif yang didapat dari evaluasi faktor eksternal dan internal yang disertai dengan pembangkitan strategi-strategi alternatif dari evaluasi di atas. c) merumuskan/memetakan strategi diversifikasi usaha yang efisien dan mampu meningkatkan 'nilai tambah dan laba yang optimal. Penelitian dilakukan berdasarkan pada metode survai dengan melakukan tatap muka atau wawancara didukung dengan penggunaan instrumen kuesioner yang ditujukan kepada pihak perusahaan dengan maksud dapat merumuskan faktor-faktor yang mempengaruhi diversifikasi usaha dan melakukan penilaian bobot dan rating atas faktor-faktor internal dan eksternal. Alat analisis guna mengevaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi diversifikasi usaha digunakan matrik IFE dan EFE yang kemudian dilakukan penilaian atas kelayakan usaha yang sudah berjalan untuk perhitungan keuntungan dan target pengembalian modal. Hasil analisis faktor eksternal berdasarkan matrik EFE diperoleh hasil bahwa strategi perusahaan yang diterapkan dalam meraih peluang diversifikasi usaha yang ada efektif, sehingga diharapkan mampu ditetapkan. Sedangkan berdasarkan hasil analisis faktor internal dengan menggunakan matrik IFE diperoleh hasil bahwa perusahaan memiliki kompetensi inti dan sumber daya yang cukup untuk mendukung diversifikasi usaha. Dengan menggunakan IE Matrik diperoleh alternatif strategi diversifikasi usaha sebagai berikut : a. Strategi yang memanfaatkan seluruh potensi kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang yang sebesar-besarnya. Jenis-jenis strategi alternatif yang masuk dalam kelompok ini terdiri dari : menerapkan strategi penetrasi pasar, mengembangkan produk yang memiliki daya saing serta mampu meningkatkan nilai tambah dan laba perusahaan. b. Strategi yang bertujuan untuk memperkecil kelemahan internal perusahaan dan memanfaatkan peluang-peluang eksternalnya. Yang termasuk kelompok strategi ini adalah strategi bersaing pada pasar yang cukup besar yang lebih mulai difokuskan pada peningkatan strategi promosi dan pemasaran yang harus jauh lebih baik dari yang sudah ada. c. Strategi yang berusaha menggunakan kekuatan-kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk mengurangi dampak dari ancaman-ancaman eksternalnya. Kelompok strategi ini terdiri dari : penetapan target pertumbuhan usaha dan penjualan beserta laba dan pengalokasian dana dari investasi yang telah ditanam dengan tepat dan efisien disertai dengan pengefisienan biaya di segala bidang serta pembuatan perencanaan berupa proyeksi jaringan dan pelayanan yang baik untuk pengembangan produksi lele dimana pangsa pasar saat ini masih terbatas pada wilayah DKI Jakarta. d. Strategi untuk bertahan yang diarahkan guna mengurangi kelemahankelemahan internal serta menghindari ancaman-ancaman lingkungannya. Jenis strategi yang termasuk kelompok ini adalah strategi promosi yang efektif bertujuan guna dapat merubah citra produk yang relatif rendah. Berdasarkan alternatif strategi yang disusun menggunakan IE Matrik, maka selanjutnya ditetapkan rencana implementasi strategi yang didukung oleh aktivitas-aktivitas pendukungnya baik teknis maupun sumber daya manusia berikut rencana tindakannya. Upaya memperbaiki strategi pemasaran dan promosi serta persaingan sesama produsen dalam rangka pengembangan usaha juga mengembangkan strategi-strategi alternatif yang disusun, dalam aktualisasi pelaksanaannya harus diterapkan dan dilakukan secara berkesinambungan satu dengan lainnya sehingga akan dihasilkan suatu strategi yang mampu menghadapi berbagai kondisi dalam rangka diversifikasi usaha.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Strategi, Diversifikasi Usaha, PT. Tri Puri Lestari, Manajemen Strategi, Alternatif Strategi Diversifikasi, IE Matrik, Kelayakan Finansial Usaha.
Subjects: Manajemen Strategi
Depositing User: Staff-3 Perpustakaan
Date Deposited: 28 Dec 2011 06:39
Last Modified: 28 Dec 2011 06:39
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/412

Actions (login required)

View Item View Item