Analisis efektivitas implementasi corporate social responsibility pt.kaltim prima coal

Nurdiana, - (2008) Analisis efektivitas implementasi corporate social responsibility pt.kaltim prima coal. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
R36-01-Nurdiana-Cover.pdf - Published Version

Download (357kB)
[img]
Preview
Text
R36-02-Nurdiana-Abstract.pdf - Published Version

Download (327kB)
[img]
Preview
Text
R36-03-Nurdiana-Ringkasaneksekutif.pdf - Published Version

Download (318kB)
[img]
Preview
Text
R36-04-Nurdiana-Daftarisi.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img]
Preview
Text
R36-05-Nurdiana-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (658kB)
[img] Text
Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://elibrary.mb.ipb.ac.id

Abstract

Perusahaan tidaklah beroperasi di ruang yang steril dari beragam kepentingan. Sejak dari pembentukan, penyediaan modal, diperolehnya kesempatan beroperasi (melalui berbagai tahapan dan jenis regulasi) sampai bisa menjalankan operasi dari produksi hingga ke pemasaran, adalah sebuah proses yang tidak bebas dari kepentingan banyak pihak (stakeholders). Para pemangku kepentingan ini bukan hanya para pemilik/pemegang saham, karyawan, kontraktor dan para pembeli/konsumen hasil produksi, melainkan juga pemerintah (pusat dan daerah), masyarakat luas (baik yang pro maupun kontra) dan masyarakat lokal yang terkena dampak operasinya (baik yang diuntungkan maupun yang dirugikan). Program Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan salah satu upaya penyerasian perkembangan bersama antara perusahaan dan masyarakat sekitar perusahaan. Program ini bermanfaat untuk mengurangi dampak negatif yang terwujud dalam bentuk kesenjangan antara kemajuan gerak perusahaan dan keadaan serta harapan masyarakat sekitarnya. Sebagian masyarakat sekitar wilayah operasi perusahaan tidak jarang beranggapan pelaksanaan program CSR di wilayahnya masih belum seimbang dengan sumber daya yang diambil. Oleh karena itu informasi berupa persepsi masyarakat akan sangat bermanfaat bagi perusahaan dalam merancang program-program yang orientasinya memang untuk memenuhi harapan masyarakat. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa perusahaan akan berhasil dalam menjalankan program-program CSR yang telah dirancang. Sejalan dengan hal yang telah dikemukakan sebelumnya, maka pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis persepsi masyarakat terhadap implementasi CSR PT. Kaltim Prima Coal. (2) Menganalisis efektivitas dari implementasi CSR PT. Kaltim Prima Coal. (3) Merumuskan strategi peningkatan efektivitas implementasi program CSR PT. Kaltim Prima Coal (PT KPC). Pada penelitian ini digunakan analisis gap dan analisis kuadran. Analisis gap bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari implementasi CSR PT KPC sedangkan untuk analisis kuadran digunakan untuk mengetahui variabel-variabel yang harus diprioritaskan agar perusahaan mampu meningkatkan efektivitas implementasi CSR. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui kuesioner dan wawancara. Data primer meliputi data tentang harapan dan penilaian kinerja oleh masyarakat atas program CSR yang telah diimplementasikan oleh PT. KPC. Adapun untuk data sekunder yaitu berupa profil perusahaan dan gambaran mengenai program-program CSR yang telah diimplementasikan oleh PT. Kaltim Prima Coal. Kuesioner yang digunakan berasal dari indikator CSR perusahaan tambang yang standardisasinya dikeluarkan oleh Lembaga Business for Social Responsbility. Indikator tersebut diklasifikasikan ke dalam lima dimensi yang terdapat dalam Metode SERVQUAL. PT. Kaltim Prima Coal mengelompokkan program pengembangan masyarakat ke dalam tujuh bidang, yaitu pengembangan agribisnis, kesehatan dan sanitasi, pendidikan dan pelatihan, pembangunan infrastruktur, pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM), pelestarian alam dan budaya, serta penguatan kapasitas masyarat dan pemerintah. Program-program pemberdayaan masyarakat PT KPC tersebut diarahkan kepada pengembangan sumber daya alam (SDA) yang terbarukan serta diselaraskan dengan program pemerintah Kabupaten Kutai Timur. Mengenai program CSR yang telah dijalankan oleh PT. Kaltim Prima Coal belum sepenuhnya efektif, karena secara keseluruhan masih terdapat beberapa variabel yang berada dibawah rata-rata kesenjangan. Berdasarkan hasil analisis gap diperoleh nilai kesenjangan yang negatif pada semua variabel. Ini mengindikasikan bahwa masyarakat sebagai penerima manfaat masih belum puas dengan kinerja program CSR yang telah dijalankan pihak PT. Kaltim Prima Coal, sehingga kinerja program CSR harus lebih ditingkatkan lagi. Dalam meningkatkan efektivitas program CSR maka PT. Kaltim Prima Coal harus memperhatikan beberapa aspek yang menunjang efektivitas program tersebut. Aspek yang dimaksud adalah aspek individu, kelompok dan organisasi. Dengan menggunakan analisis kuadran masing-masing variabel yang berada pada kuadran pertama (prioritas) diklasifikasikan ke dalam tiga aspek tersebut, sehingga dapat digunakan dalam perumusan strategi untuk meningkatkan efektivitas program CSR PT. Kaltim Prima Coal. Variabel yang dimaksud untuk efektivitas Individu adalah kemampuan petugas dalam mendampingi masyarakat, kesigapan petugas dalam menanggapi permintaan masyarakat lokal selama pendampingan, kesungguhan petugas dalam memperhatikan kepentingan masyarakat yang didampingi. Untuk efektivitas kelompok diantaranya adalah hubungan komunikasi yang baik antara perusahaan dan masyarakat, program pendidikan life skill training yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kehidupan sehari-hari dan program pendidikan yang dilaksanakan secara berkelanjutan (kontinuitas program pendidikan). Berbeda dengan efektivitas organisasi dalam hal ini adalah PT KPC, variabel yang termasuk didalamnya adalah pemantauan dan pengevaluasian program CSR, dan kepedulian perusahaan mangenai sarana penampungan keluhan masyarakat serta kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya. Hasil analisis mengenai implementasi CSR PT. Kaltim Prima Coal menunjukkan bahwa pada setiap kecamatan terdapat variabel-variabel yang harus diprioritaskan untuk dibenahi oleh perusahaan. Secara garis besar variabel yang dimaksud hampir terdapat pada semua wilayah yang menjadi target PT. Kaltim Prima Coal. Variabel yang dimaksud adalah komunikasi, kualitas sumber daya manusia sebagai tenaga pendamping, evaluasi dan pemantauan program, daya tanggap perusahaan, konsistensi program, dan kepedulian terhadap lingkungan. Dengan demikian secara umum dapat dikatakan bahwa untuk mencapai program CSR yang efektif maka PT KPC harus memperhatikan variabel-variabel tersebut. Berdasarkan ruang lingkup penelitian, diharapkan penelitian selanjutnya tidak hanya berdasarkan pada penilaian masyarakat saja sebagai penerima manfaat tetapi juga melibatkan pemerintah sebagai penentu kebijakan yang terkait dengan implementasi Corporate Social Responsibility suatu perusahaan pada wilayah tertentu.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Effectiveness, Corporate Social Responsibility, PT. Kaltim Prima Coal, Gap Analysis, Quadrant Analysis Efektivitas, Corporate Social Responsibility, PT. Kaltim Prima Coal, Analisis Kuadran, Analisis Gap.
Subjects: Manajemen Strategi
Divisions: Sekolah Bisnis > Perpustakaan
Depositing User: Staff-4 Perpustakaan
Date Deposited: 28 Dec 2011 06:21
Last Modified: 15 Jul 2020 13:03
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/478

Actions (login required)

View Item View Item