Analisa Kebijakan Pemberian Merek Pada Produk- Produk PT. Mustika Ratu

Aryanto, Tossy (2001) Analisa Kebijakan Pemberian Merek Pada Produk- Produk PT. Mustika Ratu. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
PDF
E5B-01-Tossy-Aryanto-cover.pdf

Download (331kB)
[img]
Preview
PDF
E5B-02-Tossy-Aryanto-ringksaneksekutif.pdf

Download (316kB)
[img]
Preview
PDF
E5B-03-Tossy-Aryanto-daftarisi.pdf

Download (272kB)
[img]
Preview
PDF
E5B-04-Tossy-Aryanto-pendahuluan.pdf

Download (343kB)

Abstract

PT.Mustika Ratu merupakan produsen kosmetika yang terbesar di lndonesia dengan merek produknya Mustika Ratu. Meningkatnya tingkat konsumsi masyarakat akan produk kecantikan seiring dengan tingkat pendapatan hidup membuat kosmetika sudah meniadi kebutuhan sehari hari. Meningkatnya demand direspon dengan meningkatnya supply, banyaknya produk kosmetika dalam negeri ditambah lagi dengan masuknya berbagai kosmetika-kosmetika impor menjadikan PT.Mustika Ratu dihadapkan oleh suatu persaingan pasar yang semakin ketat. Suatubentuk persaingan yang dihadapi oleh PT.Mustika Ratu adalah persaingan merek dimana merek-merek international juga ikut bersaing dengan merek dalam negeri dalam memperebutkan pasar konsumen lndonesia. Kebijaksanaan pemberian merek yang tepat akan memberikan dampak yang baik dan positif bagi produk dan perusahaan. Merek yang berhasii di pasar akan mendapatkan brand awareness, brand acceptance, brand preference dan brand loyalty dari konsumennya, sehingga merek merupakan suatu faktor yang dominan dalam menentukan keberhasilan produk di pasar. Kebijakan pemberian merek suatu produk harus baik dan benar sesuai dengan kondisi produk dan perusahaan. Berdasarkan ha1 tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kebijakan pemberian merek yang telah dilakukan oleh PT.Mustika Ratu, bagaimanakah persepsi konsumen akan merek Mustika Ratu, faktor-faktor apa sajakah yang menjadi sumber perhatian dan atau pertimbangan konsumen dalam melakukan keputusan untuk membeli produk-produk Mustika Ratu. Tujuan tesis ini adalah mengidentifikasi dan menganalisa kebijakan dan strategi pemberian merek yang dilakukan oleh PT.Mustika Ratu kepada produk-produknya, kemudian mengidentifikasi dan menganalisa penilaianlpersepsi konsumen terhadap merek Mustika Ratu, serta mengidentifikasi dan menganalisa faktor-faktor atribut merek dan produk yang menjadi perhatian dan atau pertimbangan konsumen dalam memilih produk Mustika Ratu. Hasil analisis dan pembahasan yang diperoleh akan menjadi masukan bagi manajemen PT.Mustika Ratu dalam rangka - perbaikan dan peningkatan kebijakan serta strategi mereknya. Penelitian dalam tesis ini menggunakan metode studi kasus. Data primer diperoleh dari hasil wawancara, daftar pemyataan dan pengamatan langsung ke lapangan. Sedangkan data sekunder di peroleh dari dari hasil studi pustaka. Pengkajian dilakukan dari hasil kuesioner yang dibagikan kepada 100 orang .responden yang merupakan konsumen .produk kosmetika Mustika Ratu. Kepada responden diberikan 33 butir pemyataan, jawaban berupa skor yang menunjukkan tingkat persetujuan .responden atas isi dari butir pemyataan. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan metode penghitungan skala dalam menganalisis persepsi konsumen terhadap merek Mustika Ratu, dan dengan menggunakan analisis factor menggunakan program SPSSIPC+ ver 7.5 serta program minitab 11.0 for Windows dalam mengidentifikasi serta menganalisa faktor-faktor atribut merek dan produk yang menjadi perhatian konsumen. Dari hasil analisis terhadaD kebiiakan dan strateai merek perusahaan diidentifikasi keputusan-keputusan merek yang dilakukan oleh perusahaan. Dalam Keputusan sponsor merek perusahaan menggunakan merek prcdusen (manufacturer -brand), untuk keputusan dan merek kelompok perusahaar; menggunakan nama perusahaan yang digabung dengan nama individu fcompanv trade name combined . . with individual pro&ct names), dan dalam memutuskan strategi merek perusahaan melakukan keputusan perluasan merek (brand extension decision). Persepsi responden terhadap merek Mustika Ratu menunjilkkan hasil baik, dimana seluruh kriteria telah terpenuhi dengan hasil yang baik kecuali untuk kriteria dimana merek harus mencerminkan kualitas produk, untuk kriteria ini hasil yang diperoleh agak baik. Hasil analisis 100 responden setelah dilakukan analisis faktor diketahui adanya 7 faktor perhatian konsumen terhadap atribut merek dan produk dalam membeli produk Mustika Ratu. Faktor yang dominan bagi konsumen dalam membeli produk Mustika Ratu adalah : promosi, logo, kemasan, nama merek, disain, produk dan warna. Analisis faktor-faktor atribut merek dan produk yang menjadi pertimbangan konsumen dengan metode analysis of variance berdasarkan usia, pendidikan, pekerjaan dan tingkat penghasilan, pada umumnya faktor 1 (promosi) menduduki peringkat pertama. Hal ini menunjukkan bahwa faktor tersebut penting bagi konsumen dalam membeli produk Mustika Ratu. Dalam upaya penyempumaan kebhakan dan strategi merek sebaiknya manajemen PT.Mustika Ratu harus selalu memperhatikan kebijakan dalam menentukan keputusan-keputusan merek produknya termasuk strategi yang akan ditetapkan, karena situasi dan kondisi pasar serta persaingan merek altan selalu berubah-ubah. Keputusan yang telah ditetapkan pada saat ini belum tentu cocok bagi kondisi masa yang akan datang, sehingga manajemen harus selalu mengulas kembali kebijakan mereknya dari waktu ke waktu. Perusahaan juga harus lebih meningkatkan persepsi konsumen akan mereknya, khususnya akan ha1 I kriteria pencerminan kualitas pada merek Mustika Ratu harus lebih ditonjolkan. Perusahaan perlu melakukan survey konsumen untuk mencari cara agar kriteria tersebut dapat lebih dirasakan pada merek Mustika Ratu. Manajemen PT.Mustika Ratu harus meningkatkan volume promosi sebagai faktor yang paling menonjol dalam pertimbangan konsumen dalam mengkonsumsi produknya. Faktor-faktor lainnya seperti logo, kemasan, nama merek, disain, produk dan warna harus dijadikan sebagai faktorfaktor utama dalam pertimbangan penentuan atribut merek dan produk.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kosmetika, PT. Mustika Ratu, Manajemen Pemasaran, Merek, Analisis Faktor, Survey, Primer, Sekunder, Preferensi, DKI Jakarta, Konsumen.
Subjects: Manajemen Pemasaran
Divisions: Sekolah Bisnis > Perpustakaan
Depositing User: Staff-1 Perpustakaan
Date Deposited: 28 Dec 2011 06:13
Last Modified: 28 Dec 2011 06:13
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/544

Actions (login required)

View Item View Item