Analisis hubungan tingkat pendapatan keluarga transmigrasi dengan kinerja keuangan kud karya jaya di upt

Nurwono, Nurwono (1997) Analisis hubungan tingkat pendapatan keluarga transmigrasi dengan kinerja keuangan kud karya jaya di upt. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
PDF
1-01-NUrwono-cover.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
1-02-NUrwono-RingkasanEksekutif.pdf

Download (604kB)
[img]
Preview
PDF
1-03-NUrwono-daftarIsi.pdf

Download (854kB)
[img]
Preview
PDF
1-04-NUrwono-pendahuluan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Program Transmigrasi sebagai salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat dengan fungsi pengembangan ekonomi baik di daerah asal maupun daerah tujuan. Wujud program ini di laksanakan dengan pembangunan Unit Pemukiman Transmigrasi di berbagai daerah yang jarang penduduknya dengan dilengkapi perangkat-perangkat dan sarana guna menunjang tujuan program tersebut. Koperasi sebagai soko guru perekonomian merupakan sarana yang baik untuk pengembangan ekonomi di UPT-UPT dalam bentuk KUD sehingga pada akhirnya bila UPT-UPT diserahkan kepada Pemerintah Daerah, masyarakatnya telah mandiri dengan tingkat pendapatan yang lebih meningkat dibandingkan pada saat pertama sekau mengikuti program transmigrasi. Dengan meuhat perkembangan tingkat pendapatan keluarga transmigran yang terjadi saat ini apakah hal ini juga merupakan hasil dari keberadaan KUD di UPT, bila demikian bagaimana meningkatkan kinerja KUD tersebllt. Analisis Int diharapkan dapat menghasilkan suatu masukan guna pengembangan KUD-KUD di UPT yang tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan transmigrasi dengan meningkatkan pendapatan keluarga transmigran. Dengan mengambil lokasi peneutian pada UPT Merlung III Tanjung Jabung Jambi yaitu pada KUD Karya Jaya diharapkan diperoleh suatu Analisis untuk menguji hubungan kinerja KUD tersebut dengan tingkat pendapatan keluarga petani transmigran. Analisis yang dilakukan meliputi analisis laporan keuangan KUD Karya Jaya selama kurun waktu 1992 - 1995 dan Analisis mencari hubungan antara kinerja KUD dengan peningkatan pendapatan keluarga transmigran di UPT Merlung III dengan menggunakan regresi terhadap variabel-variabel yang mempengaruhinya. KUD Karya Jaya hingga saat ini telah menunjukkan kinerja yang baik sekali dan ini tergambar dari kemampuannya menghasilkan SHU yang meningkat, jumlah aktiva yang meningkat dan yang terpenting adalah KUD Karya Jaya dalam keadaan Likuid, Rentabel dan Solvabel. Dari penelitian ini berhasil di Analisis bahwa peningkatan tingkat kesejahteraan petani di UPT Merlung III Tanjung Jabung Jambi dipengaruhi secara jelas oleh Kinerja Keuangan KUD Karya Jaya. Diharapkan dimasa datang KUD Karya Jaya tetap menjaga performance-nya dengan meperlihatkan kinerja yang baik dan disarankan untuk tetap menjaga likuiditas, solvabilitas terutama rentabilitas. Investasi kedalam bentuk aktiva tetap agar dijaga agar tidak terjadi penurunan perputaran modal guna menunjang penjualan karena akan berakibat kepada kinerja KUD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Analisis hubungan tingkat pendapatan keluarga transmigrasi dengan kinerja keuangan kud karya jaya di upt
Subjects: Manajemen Keuangan
Depositing User: Staff-4 Perpustakaan
Date Deposited: 29 Dec 2011 04:54
Last Modified: 29 Dec 2011 04:54
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/583

Actions (login required)

View Item View Item