Segmentasi dan positioning produk fish nugget merek Sea-U di PT. Mitra pangan lestari.

Mardiyanto, Agung (2002) Segmentasi dan positioning produk fish nugget merek Sea-U di PT. Mitra pangan lestari. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
PDF
r20-01-agung_mardiyanto-cover.pdf

Download (322kB)
[img]
Preview
PDF
r20-03-agung_mardiyanto-ringkasan_eksekutif.pdf

Download (318kB)
[img]
Preview
PDF
r20-04-agung_mardiyanto-daftar_isi.pdf

Download (314kB)
[img]
Preview
PDF
r20-05-agung_mardiyanto-pendahuluan.pdf

Download (426kB)

Abstract

AGUNG MARDIYANTO, 2002. Segmentasi dan positioning produk fish nugget merek Sea-U di PT. Mitra pangan lestari. Dibawah bimbingan ANNY RATNAWATI dan BUDI SUHARJO Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi kekayaan sumberdaya perikanan yang beragam dan melimpah baik pada perikanan darat (budidaya dan tambak) maupun pada lautnya. Disamping itu, sektor ini juga mempunyai peran sebagai penyedia bahan pangan protein bagi sebagian besar penduduk lndonesia serta guna mendukung terciptanya kondisi ketahanan pangan nasional. Para produsen makanan olahan berbahan baku ikan melihat adanya peluang pasar domestik sebagai pasar alternatif yang lebih menjanjikan dan menguntungkan. Lebih lanjut arah perkembangan industri pangan baik dalam negeri maupun dunia pada umumnya saat ini dan kedepan masih akan ditandai oleh pengembangan produk baru dengan atribut kesehatan. Pergeseran gaya hidup pada sebagian masyarakat ternyata berpengaruh pada pola makan dan konsumsi. Hal ini menyebabkan orang cenderung memilih makanan yang praktis, sehat dan halal. Hal ini pun disadari oleh para produsen dengan menyediakan berbagai makanan yang praktis dan bervariasi dalam bentuk dan bahannya, yang dalam ha1 ini merupakan produk hasil olahan ikan. PT. Mitra Pangan Lestari adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pemasaran dan penjualan produk-produk makanan olahan ikan cepat saji, sehat dan bergizi tinggi dengan merek Sea-U. PT. Mitra Pangan Lestari dihadapkan pada proses pemasaran dan persaingan yang tidak ringan. Pertama, banyaknya perusahaan pesaing yang telah terlebih dahulu bermain di bisnis ini. Kedua, masyarakat secara umum belum banyak mengenal makanan cepat saji yang sehat yang berasal dari olahan ikan yang diproses secara modern dan dikemas serta dilakukan labelisasi. Produk olahan ikan yang dipasarkan secara modern pun saat ini telah beraneka macam jenisnya, seperti fish nugget, fish finger, fish ball, breaded fish, dan lain-lain. Oleh karena itu, perlu diketahui sudah sejauh mana perilaku pembelian oleh konsumen akan produk fish nugget pada umumnya maupun terhadap produk fish nugget merek Sea-U. Hal tersebut diatas, menyebabkan PT. Mitra Pangan Lestari hams menetapkan posisi dan target segmennya di pasar secara lebih fokus. Oleh karena itu, agar produk fish nugget merek Sea-U bisa sukses dipasar maka diperlukan adanya suatu riset pemasaran untuk mendapatkan berbagai informasi seperti segmentasi pasar terhadap konsumen berdasarkan aspek psikografi serta positioning produk untuk mengetahui posisi relative produk fish nugget merek Sea-U terhadap beberapa pesaing. Tujuan penelitian adalah menganalisis perilaku konsumen dalam tahapan keputusan pembelian produk fish nugget, menganalisis segmentasi pasar terhadap konsumen berdasarkan aspek psikografi dan positioning produk fish nugget merek Sea-U berdasarkan preferensi dan persepsi konsumen, dan merekomendasikan suatu strategi pemasaran, yaitu segmentasi, targeting dan positioning produk fish nugget merek Sea-U yang sesuai dan bermanfaat bagi PT. Mitra Pangan Lestari. Penelitian dilakukan pada PT. Mitra Pangan Lestari yang berlokasi di Jakarta dan daerah pemasaran produk fish nugget merek Sea-U yang berada di wilayah Jabotabek. Responden yang akan diteliti adalah konsumen produk fish nugget atau sekurang-kurangnya adalah orang yang pernah mencicipi fish nugget serta responden tergolong dalam kelas sosial menengah keatas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai objek yang diteliti. Materi yang disurvei adalah segmentasi dan positioning produk dilihat dari data umum responden, psikografi, perilaku dan persepsi konsumen. Data didapat dari responden melalui wawancara dengan bantuan kuesioner semi terstruktur dan jelas maksudnya (structured non disquised). Analisis segmentasi dilakukan dengan menggunakan kombinasi dua metode analisis yaitu analisis gerombol (k-means clustefl dan analisis CHAID. Analisis menyangkut positioning produk dilakukan dengan menggunakan analisis korespondensi. Strategi pemasaran disusun dan direkomendasikan berdasarkan segmentasi dan positioning produk dari hasil kuesioner untuk memasarkan produk fish nugget merek Sea-U. Pada hakikatnya, strategi pemasaran merupakan serangkaian tindakan yang terintegrasi dalam upaya memberikan nilai bagi konsumen dan keunggulan bersaing bagi perusahaan. Strategi yang diterapkan perusahaan saat ini adalah melakukan penetrasi pasar melalui strategi pemasaran yang tepat dan efektif. Oleh karena itu, suatu strategi pemasaran yang meliputi segmentasi, target pasar dan positioning produk serta pola perilaku keputusan konsumen perlu diidentifikasi secara lebih fokus, tepat dan terukur. Segmentasi yang dihasilkan berdasarkan aspek psikografis atas konsumen produk fish nugget meliputi tiga segmen utama yaitu segmen belonger (14,55%), emulator (45,45%) dan achiever (40%). Dari ketiga segmen tersebut maka perusahaan dapat mentargetkan pada dua segmen yang benar-benar menguntungkan bagi perusahaan dan produk fish nugget merek Sea-U adalah segmen emulator dan achiever. Secara demografis dapat digambarkan bahwa target konsumen potensial produk fish nugget adalah memiliki usia antara 26 - 35 tahun, jenis kelamin wanita, tingkat pendidikan menegah dan tinggi, pekerjaan sebagai pegawai swasta, status menikah, memiliki anggota keluarga 3 - 4 jiwa dan pengeluaran untuk konsumsi diatas satu juta rupiah. Hasil proses perilaku konsumen terhadap produk fish nugget menunjukkan bahwa perencanaan pembelian, frekuensi pembelian, rata-rata konsumsi dan loyalitas konsumen masih rendah. Hal ini menunjukkan bahwa siklus hidup produk fish nugget masih berada pada tahap pengenalan. Berdasarkan hasil analisis korespondensi dapat diketahui bahwa posisi relative yang dapat memenuhi keinginan konsumen produk fish nugget merek Sea-U saat ini adalah sebagai makanan pelengkap yang bergizi dan bermutu tinggi, sehat, kekenyalannya yang pas dan aromanya yang khas, serta yang utama sebagai makanan olahan yang terbuat dari ikan atau dikenal juga sebagai seafood product maka rasa ikannya harus sangat terasa. Dan Hasil berdasarkan tingkat kepentingan atribut menunjukkan bahwa prioritas utama konsumen dalam memilih produk fish nugget adalah pada sisi mutu produk yang terjamin dan berkualitas, kelengkapan label pada kemasan, atribut sehat (tidak mengandung borax, zat warna, dan zat pengawet) sertarasa ikan yang harus terasa.. Kata Kunci: PT. Mitra Pangan Lestari, Produk Fish Nugget, Merek Sea-U, Strategi Pemasaran, Perilaku Konsumen, Segmentasi, Positioning Produk.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PT. Mitra Pangan Lestari, Produk Fish Nugget, Merek Sea-U, Strategi Pemasaran, Perilaku Konsumen, Segmentasi, Positioning Produk.
Subjects: Manajemen Pemasaran
Divisions: Sekolah Bisnis > Perpustakaan
Depositing User: Staff-7 Perpustakaan
Date Deposited: 12 Jan 2012 09:26
Last Modified: 12 Jan 2012 09:26
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/649

Actions (login required)

View Item View Item