STOCK PORTFOLIO AND INVESTMENT SELECTION ON PUBLIC LISTED COMPANIES: A FINANCIAL DISTRESS ANALYSIS

Siregar, Erwantho (2002) STOCK PORTFOLIO AND INVESTMENT SELECTION ON PUBLIC LISTED COMPANIES: A FINANCIAL DISTRESS ANALYSIS. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
PDF
e10-01-erwanto-cover.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF
e10-02-erwanto-abstrack.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF
e10-03-erwanto-ringkasaneksekutif.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img]
Preview
PDF
e10-04-erwanto-daftarisi.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF
e10-05-erwanto-bab1pendahuluan.pdf - Published Version

Download (165kB)
Official URL: http://elibrary.mb.ipb.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan tingkat dan kecenderungan financial distress perusahaan-perusahaan yang terdaftar di pasar modal, sebagai salah satu alat bantu dalam pemilihan saham dan investasi-investasi keuangan lainnya. Penelitian dilakukan pada laporan keuangan tahunan perusahaan-pemsahaan yang terdaftar di Pasar Modal Jakarta dari tahun 1999 sampai tahun 2001. Jumlah perusahaan yang masuk dalam ruang lingkup penelitian berjumlah 240 perusahaan. Sebagai gambaran, semua perusahaan yang terdaftar di Pasar Modal Jakarta per akhir bulan Juli 2002 bejumlah 287 pemsahaan. Metode dalam melakukan analisis kinerja finansial menggunakan persamaan Zeta yang menghitung tingkat financial distress suatu perusahaan. Tingkat financial distress suatu perusahaan dapat dianalisis lebih detail dalam setidaknya tiga komponen, yaitu kemampan untuk membayar kewajiban keuangan, kemampuan untuk berinvestasi dari sumber penghasilan, dan kemampuan dalam menggunakan aktiva untuk menghasilkan keuntungan. Hasil penelitian ini mengkategorikan perusahaan-perusahaan dalam tiga kelompok berdasarkan tingkat financial distress-nya. Kelompok pertama adalah perusahaan-perusahaan yang dikategorikan sebagai sehat secara keuangan, dan mempunyai resiko investasi yang relatif rendah. Kelompok kedua adalah perusahaan-pemsahaan yang dikategorikan sebagai kurang sehat secara keuangan, namum masih dipertimbangkan sebagai altenatif investasi. Kelompok ketiga adalah perusahaan-pemsahaan yang dikategorikan sebagai tidak sehat secara keuangan dan mempunyai resiko investasi yang relatif tinggi. Penelitian juga mengkategorikan perusahaan dalam tiga kelompok berdasarkan kecenderungan perubahan financial distress-nya. Kelompok pertama adalah perusahaan-perusahaan dengan kecenderungan tingkat financial distress menurun atau positif, kelompok kedua adalah perusahaan-perusabaan dengan tingkat financial distress berfluktuasi, dan ketiga adalah perusahaan-perusahaan dengan tingkat financial distress yang meningkat atau negatif. Gabungan dari kedua jenis kategori ini menghasilan 9 jenis kelompok perusahaan, yaitu low distress prudent selection, low distress aggressive selection, low distress exposed selection, medium distress prudent selection, medium distress aggressive selection, medium distress exposed selection, high distress prudent selection, high distress aggressive selection, dan low distress exposed selection. Saran penelitian adalah memilih saham atau alat keuangan lainnya dengan berfokus atau memilih pada perusahaan-perusahaan yang termasuk dalam kelompok sehat maupun kurang sehat secara keuangan, dengan kencenderungan financial distress yang menurun atau berfluktuasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Stock Portfolio and Investment, Jakarta Stock Exchange, Financial Performance, Financial Risk, 2-Score Financial Distress.
Subjects: Manajemen Keuangan
Depositing User: Staff-3 Perpustakaan
Date Deposited: 02 Jan 2012 12:20
Last Modified: 02 Jan 2012 12:20
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/773

Actions (login required)

View Item View Item