Kajian pengaruh pengelolaan subsidi biaya pendidikan terhadap penyelenggaraan pendidikan sekolah dasar negeri wajar di wilayah kotamadya jakarta timur

Prihatin, Suci Rusmiati (2006) Kajian pengaruh pengelolaan subsidi biaya pendidikan terhadap penyelenggaraan pendidikan sekolah dasar negeri wajar di wilayah kotamadya jakarta timur. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
5EK-01-Prihatin-Cover.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5EK-02-Prihatin-Abstract.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5EK-03-Prihatin-Ringkasaneksekutif.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5EK-04-Prihatin-Daftarisi.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5EK-05-Prihatin-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview

Abstract

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (Amandemen Keempat 2001) Pasal 31 mengenai jaminan hak pendidikan oleh pemerintah keapada setiap warga negara. Dan juga yang tercantum dalam Undang-undang No.20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 11 ayat (1) menyatakan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi. Berdasarkan landasan hukum tersebut maka Pemerintah Daerah Propinsi DKI Jakarta menyikapi hal ini dengan menyelenggarakan program pemberian subsidi biaya pendidikan bagi siswa sekolah dasar yang kurang mampu di Propinsi DKI Jakarta. Besarnya biaya pendidikan yang dikucurkan untuk membiayai kegiatan pendidikan akan sangat mubazir sekali manakala tidak menghasilkan kualitas pendidikan yang diharapkan. Oleh karena itu pengelolaan penyaluran dan pemanfaatan yang optimal penting sekali karena berkaitan dengan bagaimana mendayagunakan dana yang tersedia sehingga sekolah mampu memberikan layanan pendidikan yaitu terselenggaranya pendidikan dengan baik. Berdasarkan kritikan masyarakat, temuan Badan Pengawasan Daerah kajian penelitian terdahulu terhadap program yang sama terdapat dugaan bahwa pengelolaan dan pemafaatan dana subsidi ini masih belum optimal. Dengan adanya permasalahan yang dihadapi, maka pertanyaan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh pengelolaan subsidi biaya pendidikan terhadap kinerja penyelenggaraan pendidikan di Sekolah Dasar di Provinsi DKI Jakarta wilayah kotamadya Jakarta Timur ?; dan Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penyelenggaraan pendidikan di Sekolah Dasar di Provinsi DKI Jakarta wilayah kotamadya Jakarta Timur ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1. Menganalisa seberapa besar pengaruh pengelolaan subsidi biaya pendidikan terhadap kinerja penyelenggaraan pendidikan di Sekolah Dasar di Provinsi DKI Jakarta wilayah kotamadya Jakarta Timur, 2. Mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penyelenggaraan pendidikan di Sekolah Dasar di Provinsi DKI Jakarta wilayah kotamadya Jakarta Timur Penelitian ini adalah penelitian hubungan sebab-akibat yang berusaha menemukan pengaruh dari pengelolaan subsidi biaya pendidikan terhadap penyelenggaraan pendidikan di sekolah dasar di Jakarta Timur, yang dilakukan dengan menggunakan metode survei. Pengelolaan subsidi biaya pendidikan sebagai variabel bebas terdiri dari perencanaan penyaluran, pelaksanaan penyaluran, pengawasan penyaluran, besar dana yang diterima, penggunaan petunjuk teknis, akuntabilitas, dan sumbangan masyarakat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan kuesioner yang digunakan didesain berdasarkan skala ordinal merujuk pada lima jenjang/hirarki jawaban, terhadap 30 responden unsur sekolah dasar dan wawancara mendalam terhadap 3 orang unsur Dinas Dikdas Propinsi DKI Jakarta. Untuk mengetahui pendapat responden menggunakan ukuran gabungan disebut angka indeks yaitu akumulasi skor untuk tiap pertanyaan. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda bertujuan untuk menganalisa pengaruh pengelolaan subsidi biaya pendidikan terhadap penyelenggaraan pendidikan di sekolah dasar. Menurut pendapat responden dari tujuh variabel independen yang mempengaruhi penyelenggaraan pendidikan di sekolah dasar tampak bahwa variabel Perencanaan penyaluran, merupakan variabel yang kinerjanya paling baik yaitu sebesar 71 persen dibandingkan kinerja variabel independen lainnya. Adapun variabel Pelaksanaan penyaluran, Pengawasan penyaluran, Besar dana yang diterima, Penggunaan petunjuk teknis, Akuntabilitas dan sumbangan mayarakat kinerjanya berkisar antara 50 – 60 persen, sehingga mengakibatkan penyelenggaraan pendidikan di sekolah dasar baru mencapai kinerja sebesar 60 persen. Kemudian dari hasil analisis regresi dari seluruh variabel pengelolaan subsidi biaya pendidikan yaitu perencanaan penyaluran, pelaksanaan penyaluran, pengawasan penyaluran, besar ana yang diterima, penggunaan petunjuk teknis, akuntabilitas dan Sumbangan Masyarakat yang berpengaruh signifikan terhadap variabel penyelenggaraan pendidikan di sekolah dasar adalah variabel penggunaan petunjuk teknis, akuntabilitas, sumbangan masyarakat atau model regresi yang sudah dilakukan sudah sesuai. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang didapatkan, maka masukan berupa saran yang dapat diberikan bagi peningkatan penyelenggaraan pendidikan di sekolah dasar Propinsi DKI Jaarta wilayah kotamadya Jakarta Timur adalah sebagai berikut : (1) Agar para pengelola baik di tingkat dinas maupun sekolah dalam mengelolaan subsidi biaya pendidikan, tidak hanya banyak berperan pada tahap perencanaan tetapi juga lebih berperan terhadap proses selanjutnya, sehingga penyelenggaraan pendidikan di sekolah dasar bisa berjalan dengan optimal, (2) variabel penggunaan juknis, akuntabilitas dan sumbangan masyarakat hendaknya dapat diperbaiki dalam pelaksanaannya di lapangan sehingga penyelenggaraan pendidikan di sekolah dasar akan berjalan dengan baik dan besarnya dana yang diterima oleh sekolah dapat dimaksimalkan pemanfaatannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan subsidi biaya pendidikan, Perencanaan penyaluran, Pelaksanaan penyaluran, Pengawasan penyaluran, Besar dana yang diterima, Penggunaan petunjuk teknis, Akuntabilitas, Sumbangan Masyarakat, Penyelenggaraan pendidikan di sekolah dasar, Indeks, Regresi berganda Subjek : MANAJEMEN KEUANGAN
Subjects: Manajemen Keuangan
Depositing User: Library
Date Deposited: 04 Aug 2011 01:23
Last Modified: 25 Aug 2016 05:38
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/83

Actions (login required)

View Item View Item