Analisis pengembangan struktur gaji karyawan pelaksana di pt. delta jakarta

Fajardian Mulia, Pribadi (2001) Analisis pengembangan struktur gaji karyawan pelaksana di pt. delta jakarta. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
PDF
17B-01-fajardian-cover.pdf

Download (328kB)
[img]
Preview
PDF
17B-02-fajardian-RINGKASAN_EKSEKUTIF.pdf

Download (340kB)
[img]
Preview
PDF
17B-03-fajardian-daftarIsi.pdf

Download (308kB)
[img]
Preview
PDF
17B-04-fajardian-pendahuluan.pdf

Download (440kB)

Abstract

Fox dalam Timpe (1992) menyatakan famor yang mempengaruhi perningkatan produktivites kerja adalah keharmonisan kondisi karyawan dan insentif keuangan yang universal. Keharmonisan kondisi pekerjaan diantaranya yaitu salirig ketergantungan manajemen dan karyawan. Sedangkan insentif keuangan bagi karyawan dalam hal ini adalah adanya unsur keadilan dalam gaji atau upah, tunjangan ataupun bonus yang diterima oleh karyawan. Pemberian imbalan jasa yang dirasakan adil dan layak bagi kalyawari akan memberikan kepuasan kerja bagi mereka, sehingga dapat menciptakan kualitas kerja yang baik dalam lingkungan yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas dikalangan karyawan yang berarti juga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan. P.T. Delta Djakarta didirkan pada tanggal 1 September. 1970 berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 1 Tahun 1967 tentang Penanarnan Modal Asing (PMA). Perusahaan ini sebagai kelanjutan dari perusahean sebelumnya yaitu Pabrik Anker Bir yang didirkan pada tahun 1932 milik Belanda, kemudian pada tahun 1958 dinasionalisir oleh Pemerintah Indonesia, Tahun 1965 diserahkan pada Pemda D.K.I. Jakarta msnjadi Peywahaan Daerah Budjana Jasa. Sejak perusahaan ini beiubah status menjadi P.M.A. dan dipimpin tenaga profesional, telah terjadi perubahan terhadap gaya kepemimpinan dan pengelolaan permahaan yang semula mempergunakan gaya birokrasi pemerintahan clan karyawan menjadi pegawai negeri. Maka pada awal Januari 1981 Direksi P.T. Delta Djakarta telah memprakarsai "tatap muka" antara Pimpinan dengan seluruh karyawan, suatu kejadian yang belum pernah diadakan sebelumnya. Salah satu kesepakatan yang diputuskan dalam pertemuan tersebut adalah perbaikan Sistem lmbalan Jasa/Penggajian dalam rangka meningkatkan produktivitas kerja. Pada Januari 1981 Direksi P.T. Delta Djakarta dengan bantuan Konsultan Manajemen tsiah mengembangkan (menyempurnakan) struktur gaji lama (1970 - 1980) khusus untuk karyawan pelaksana yang diberlakukan April 1981. kemudian pada awal 1997, bertepatan dengan kepindahan lokasi pabrik dan kantor lama di Jakarta Utara ke pabrik dan kantor baru dengan peralatar: modern di Sekasi, P.T. Delta Djakarta telah pula melakukan pengerilbangan (penyempurnaan) struktur gaji untuk menyesuaikan dengan berubahnya struktur kepegawaian (penggolongan gaji) karena hampir 40% karyawan lama diberhentikan melalui pensiun dini. Berdasarkan hal-hal diatas, perumusan masalah dalam penelitian ini didiskripsikan sebagai berikut. (l).Apakah dasar keputusan yang diambil dalam setiap pengembangan (penyempurnaan) struktur gaji dan bagaimana stuktur gajinya. (2).Apakah struktur gaji yang diberlakukan pada tahun 1981 (1981 - 1996) dan 1997 (1997 - saat ini) telah memenuhi konsep keadilan yaitu keadilan internal dan keadilan eksternal. (3).Apakah struktur gaji yang berlaku sekarang (tahun 2000) telah memenuhi keinginan karyawan pelaksana dan mereka merasa puas.(4).Upaya apa yang diperlukan untuk memperbaiki-struktur gaji. Tujuan penelitian ini adalah (l).mengkaji dasar pemikiran Direksi P.T. Delta Djakarta dalam mengambir keputusan untuk pengembangan (penyempurnaan) struktur gaji, (2). Mengkaji apakah struktur gaji dalam pengembangannya memenuhi konsep keadilan sesuai teori dalam literatur ,(3). Mengkaji apakah struktur gaji terkini telah ditetima dengan puas oleh karyawan, (4).Memberikan solusi perbaikan struktur gaji. Mengingat terbatasnya wak:u penelitian dan kesepakatan dengan PT. Delta Djakerta yang hanya mengijinkan rnengolah data karyawan pelaksana/non staff saja mska Ruang lingkup penelitian difokuskan pada struktur gaji lama dan baru dari karyawan pelaksana di PT. Delta Djakarta Metoda penelitian yang digunakan adalah metoda kaji rnanajemen, studi kasus dsn penjelajahan/eksplorasi. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner terhadap 90 orang responden dari karyawan pelaksana dengan menggunakan teknik Proportianate stratified random sampling disamping wawancara dan observasi. Hasii analisis data berdasarkan kajian deskriptif adalah sebagian besar karyawan menyatakan PUAS dan ADlL terhadap struktur gaji yang diberlakukan karena : (1) struktur gaji dibuat berdasarkan bobot/nilai pekerjaan sebagai hasil evaluasi pekerjaan (keadilan internal), (2) kegiatan evaluasi pekerjaan telah disosialisasikan dan mengikutkan wakil karyawan, (3) struktur gaji yang dibuat memperhatikan tingkat gaji yang berlaku dipasaran dan mengacu pada Upah Minimum Regional yang ditetapkan Pemerintah (kaadilan eksternal). Dari hasil analisis Chi-square Test secara jelas terlihat bahwa jawaban responden teihadap kriteria "Puas, Adil serta Adil/Puas berbeda-beda, hal tersebut memiliki arti bahwa proporsi responden berdasarkan score berbeda untuk semua pendapat, dimana responden yang memilih setuju dan sangat setuju terhadap pertanyaan dengan kriteria 'Puas, Adil serta AdillPuasndengan struktur gaji yang sekarang lebih banyak daripada yang inernilih tidak setuju dan sangat tidak setuju. Kebijakan (policy) Direksi P.T. Delta Djakarta dalam meningkatkan kesejahteraan karyawannya, selalu memperhatikan pengembangan struktur gaji agar selalu sama dengan harga pasar tenaga kerja. Agar pengembangan struktur gaji yang akan datang lebih sempurna dan sesuai dengan kaidah-kaidah penyusunan struktur gaji, maka penulismenyarankan hal-hal berikut : (l).Pengetahuan mengenai manajemen Kompensasi oleh bagian SDM PT.Delte Djakarta agar lebih ditingkatkan agar diperoleh konsistensi (taat azas) dalam penyusunan struktur gaji. Contohnya Jarak ("range") gaji setiap golongan gaji persentasenya dibuat sama dan kenaikan aniar golongan gaji persentasenya dibuat menurun pada kenaikan golongan yang lehih tinsgi. Perlakuan ini seharusnya taat azas.(2).Direksi P.T. Delta Djakarta rnemperhatikan adanya keluhan-keluhan karyawan seperti disebutkan sebelumnya, terutama adanya pembuktian bahwa tingkat gaji di P.T. Delta Djakarta sama atau lebih baik dari perusahaan sejenis yang lain melalui hubungan baik antara dua perusahaan atau lebih. lmplikasi bagi manajemen P.T. Delta Djakarta dengan terealisasinya solusi tersebut adalah : (1). Manajemen dapat membuktikan pada seluruh karyawan bahwa struktur gaji yang diberlakukan selalu mengacu pada konsep keadilan secara teori dan aplikasinya; (2). Manajemen mempunyai data dan informasi (sebagai bukti) bahwa posisi imbalan jasa di P.T. Delta Djakarta benar-benar pada posisi yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PT. Delta Djakarta, Produsen Minuman Beralkohol Anker Bir, Carlaberg, Anker Stout, dll. Pengembangan Struktur Penggajian karyawan Pelaksana, Point System, Keadilan internal dan eksternal dalam struktur penggajian, kepuasan karyawan, Chi-Square Test
Subjects: Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: Sekolah Bisnis > Perpustakaan
Depositing User: Staff-4 Perpustakaan
Date Deposited: 04 Jan 2012 07:02
Last Modified: 04 Jan 2012 07:02
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/880

Actions (login required)

View Item View Item