Analisis strategi pemasaran jasa forwarder (studi kasus pada perusahaan perguruan jasa transportasi ekspor impor pt safitri elok)

Muhammad, Ya'qub (2001) Analisis strategi pemasaran jasa forwarder (studi kasus pada perusahaan perguruan jasa transportasi ekspor impor pt safitri elok). Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
PDF
17B-01-Muhammad-cover.pdf

Download (340kB)
[img]
Preview
PDF
17B-02-Muhammad-ringkasanEksekutif.pdf

Download (349kB)
[img]
Preview
PDF
17B-03-Muhammad-daftarIsi.pdf

Download (319kB)
[img]
Preview
PDF
17B-04-Muhammad-pendahuluan.pdf

Download (312kB)

Abstract

Nilai ekspor non migas meningkat 28,23% pada periode Januari sampai dengan Nopember tahun 2000, bila dibandingkan pada tahun 1999. Sedangkan impor non migas meningkat sebesar 31,86%, dengan total keseluruhan impor mengalami perubahan sebesar 31,42%, kontribusi peningkatan impor terbesar dari produk minyak dan gas sebesar 71,68%. Ada tiga unsur utama yang sangat menentukan kecepatan proses ekspor impor di pelabuhan, yaitu pihak bea dan cukai, pihak PT. Pelindo, serta pihak forwarder yang mewakili eksportir/importir. PT. Safitri Elok adalah perusahaan forwarderlo kal yang melayani pelanggan wilayah Jabotabek. Perubahan yang terjadi terhadap faktor eksternal dan internal, bilum diperhatikan dan dimonitor dengan cepat oleh pemsahaan. Sehingga masalah yang timbul dirumuskan sebagai berikut: 1) Pembahan dalam faktor internal serta faktor eksternal apa saja yang berpengaruh dan berhubungan terhadap strategi pemasaran perusahaan PT. Safitri Elok, 2) Bagaimanakah strategi pemasaran yang baik dan sesuai dalam menghadapi pembahan faktor internal dan faktor eksternal di perusahaan, 3) Bagaimana alternatif strategi pemasaran yang sebaiknya dilakukan untuk dapat meningkatkan pelayanan perusahaan agar menjadi lebih baik. Tujuan penelitian adalah: 1) Mengidentifikasi perubahan-perubahan factor internal dan faktor eksternal yang berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan, 2) Menyusun strategi pemasaran yang sesuai dengan pembahan yang terjadi terhadap faktor internal dan faktor eksternal. 3) Memilih alternatif strategi pemasaran yang baik untuk dilakukan, agar dapat meningkatkan pelayanan perusahaan kepada pelangan. Fokus penelitian ini dibatasi hanya melakukan evaiuasi atau analisis factor internal dan faktor eksternal perusahaan, menyusun strategi pemasaran, serta menentukan alternatif strategi pemasaran yang lebih baik. Implementasinya diserahkan kepada perusahaan dalam menindak lanjuti alternatif strategi pemasaran. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan studi kasus PT. Safitri Elok, yang bertujuan menyelidiki lebih mendalam perubahan faktorfaktor internal dan eksternal. Berhubungan dengan penyusunan strategi pemasaran, dan pemeriksaan secara menyelumh terhadap perubahan yang ada, dan alternatif strategi pemasaran yang baik dan tepat. Data yang dikumpulkan yaitu data primer yang diperoleh dari observasi langsung, mengenai sistem kerja perusahaan jonvnrder, wawancara dengan manajemen perusahaan, dan kuesioner yang telah disiapkan dengan renponden berasal dari dalam perusahaan dan luar pemsahaan. Data sekunder diperoleh dari - literatur pustaka, publikasi penelitian, data statistik dan internet. Hasil analisis lingkungan industri Five-Forces Porter diperoleh, yaitu ratarata kelima variabel menunjukkan intensitas persaingan sedang, dengan total skor 2,69962. Sedangkan hasil dari pembahasan identifikasi lingkungan internal dan eksternal, dengan matrik IE diperoleh skor untuk faktor internal 3,05158 dan faktor eksternal 2,80112, maka posisi perusahaan pada posisi sel ke V, yaitu posisi pertumbuhan. Setelah posisi pemsahaan diketahui, maka disusun alternatif strategi, menggunakan analisis SWOT, yaitu untuk strategi SO : 1) Meningkatkan pangsa pasar, 2) Mempertahankan pelanggan yang telah ada, 3) Mencarihnemilih sumber modal tambahan untuk jangka panjang. Strategi WO : 1) Melakukan promosi secara selektif, 2) Memodifikasi jasa pelayanan yang telah ada, 3) Melakukan pelatihan dan pendidikan terhadap karyawan perusahaan, 4) Mempersiapkan tempat permanen di lokasi strategis. Strategi ST : 1) Meningkatkan kualitas pelayanan pengurusan dokumen ekspor impor, dan menjaga kualitas pelayanan jasa perusahaan, 2) Menetapkan strategi harga secara kompetitif, 3) Meningkatkan kualitas kinerja agar perusahaan dapat berjalan lebih baik lagi. Strategi WT : 1) Melakukan efisiensi biaya operasional, 2) Melakukan kerja sama dengan pihak lokal maupun asing yang bertujuan unGk meningkatkan kualitas sumber daya manusia perusahaan. Rekomendasi alternatif strategi pemasaran jasa, untuk jangka pendek adalah,: 1) Strategi penetrasi pasar, dengan a. Mempertahankan pelanggan yang telah ada. b. Meningkatkan pangsa pasar, c. Meningkatkan dan menjaga kualitas pelayanan. 2) Strategi pengembangan jasa, yaitu a. Strategi jasa dengan memodifikasi jasa yang telah ada yaitu waktu pengurusan, dan meningkatkan kualitas pelayanan, b. Strategi hargaltarif bayaran, menentukan harga yang kompetitif, c. Strategi promosi mengandalkan tenaga jual yang ditugaskan perusahaan untuk melakukan promosi secara personal selling, dan strategi kedua yaitu berpartisipasi dalam organisasi Gafeksi dan Kadin, d. Strategi distribusi yang digunakan pemsahaan adalah mendatangi langsung pelanggan. e. Strategi people, yaitu perusahaan dapat memotivasi karyawan dengan memberikan insentif berupa bonus, bila bekeja dengan baik dan memenuhi target, f Strategi physical Eviderece adalah mengoptimalkan sistem informasi pemsahaan yang ada, dengan membuka jalur global yaitu internet, dan menambah kendaraan operasional, untuk meningkatkan kelancaran dan pelayanan perusahaan dan pelanggan, g. Strategi proses manajemen yaitu, tnengefektifkan waktu pelayanan pengumsan sehingga dilakukan secara baik dan cepat, dengan memaksimalkan proses kerja manajemen, yang diawali dari perencanaan jadwal tugas, serta pengorganisasian kegiatan pelayanan. Untuk rekomendasi alternatif strategi jangka panjang, strategi yang dapat dilakukan: 1) Strategi penetrasi pasar yaitu, a. Mempertahankan pelanggan yang telah ada, b. Memberikan discount khusus kepada pelanggan yang loyal, dan memberikan informasi secara terus menerus, mengenai perkembangan produk ekspor dan impor, c. Meningkatkan pangsa pasar, d. Meningkatkan dan menjaga kualitas pelayanan. Sedangkan rekomendasi alternatif strategi ke 2) Strategi pengembangan jasa, meliputi : a. Strategi jasa PT. Safitri Elok, dapat menambah jasa yang ada dengan melakukan pelayanan pengurusan transportasi yaitu trucking, b. Strategi hargaltarif bayaran perusahaan memberikan discount yang besar dan garansi waktu, c. Strategi Promosi PT. Safitri Elok perlu melakukan promosi periklanan di media cetak, seperti surat kabar harian ibu kota, d. Strategi distribusi perusahaan memotivasi tenaga jual, dengan bonus tambahan, serta perusahaan membuka cabang baru, yang terletak di daerah perkembangan industri, e. Strategi people yang diperlukan adalah melakukan pelatihan dan pendidikan untuk staf masing-masing, sehingga memberikan kegunaan yang dituntut yaitu profesional. berdedikasi tinggi dan berdaya jual, f Strategi physical evidence, perusahaan perlu untuk memiliki tempat yang tetaplpemanen yang letaknya dilokasi strategis. g. Strategi proses manajemen melakukan strategi kerja sama manajemen dengan perusahaan lokal dan asing, bertujuan meningkatkan kualitas proses manajemen, dan pelayanan perusahaan PT. Santri Elok, dan strategi melakukan evaluasi penilaian dan pengawasan hasil kerja. Hasil analisis SWOT dan analisis strategi pemasaran, yang telah dilakukan untuk perusahaan, bertujuan agar perusahaan dapat mempertahankan posisi yang telah dicapai, dengan memberikan perhatian kepada pelanggan yang lama dan mencari pelanggan baru, untuk peningkatan keuntungan perusahaan. Untuk masa akan datang, perusahaan dapat memberikan perhatian terhadap proses manajemen, untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan terhadap pelanggan. Penelitian ini juga dapat didukung dengan ha1 yang menyangkut Peran strategis dari para pemasok seperti perusahaan penyedia peti kemas, freight asuransi, perusahaan penyedia alat trasportasi udara, laut dan darat, dimana perusahaan forwarder sangat bergantung sekali akan peran para pemasok tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perusahaan Pengurusan Jasa Transportasil Forwarder, PT. Safitri Elok, Strategi Pemasaran, Infertzal Factor Evalztalion (TFE} dan Analisis IE, Matrik SWOT, Bauran Pemasaran, Studi Kasus.
Subjects: Manajemen Pemasaran
Divisions: Sekolah Bisnis > Perpustakaan
Depositing User: Staff-4 Perpustakaan
Date Deposited: 04 Jan 2012 09:38
Last Modified: 04 Jan 2012 09:38
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/897

Actions (login required)

View Item View Item